Search

Muhyiddin Jadi PM Malaysia, Dua Koalisi Beda Sikap Internasional • 01 March 2020 06:10 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok partai oposisi Malaysia beramai-ramai menyampaikan ucapan selamat atas penunjukan Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), Muhyiddin Yassin, sebagai perdana menteri kedelapan negeri itu.

Mereka yang memberikan ucapan selamat termasuk para politikus dipimpin Mohamad Azmin Ali dan Zuraida Kamaruddin, yang dianggap membelot dari Partai Keadilan Rakyat (PKR) dan koalisi Pakatan Harapan.

Ucapan selamat disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Islam SeMalaysia (PAS), Datuk Takiyuddin Hassan. Menurut dia, PAS serta sekutu mereka, Partai Organisasi Persatuan Bangsa Melayu (UMNO) dan anggota Gabungan Partai Sarawak (GPS), memberikan 114 suara dukungan di parlemen kepada Raja Abdullah untuk menunjuk Muhyiddin.

"Beliau mendapatkan 114 suara. Ini adalah pemerintahan minor, tetapi mayoritas dari 222 anggota parlemen. PAS menyampaikan selamat atas terpilihnya Muhyiddin melalui proses demokratis dan penunjukan yang tidak perlu dipertanyakan partai lain," kata Takiyuddin.

Sekjen UMNO, Tan Sri Annuar Musa, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pendukung koalisi mereka, untuk menyelesaikan krisis politik sesuai undang-undang dasar dan aturan hukum.

"Setelah ini, kita harus membantu perdana menteri membangun negeri," kata Takiyuddin.

Zuraida menyatakan sangat bersyukur atas terpilihnya Muhyiddin sebagai perdana menteri.

"Alhamdulillah. Kerja keras selama sepekan. Kami berhasil menjadikan Tan Sri Muhyiddin sebagai perdana menteri Malaysia. Ini waktu yang menggembirakan setelah satu pekan yang dinamis," kata anggota parlemen dari Ampang tersebut.

Sementara itu, koalisi Pakatan Harapan menyatakan masih tetap mendukung Mahathir Mohamad sebagai kandidat perdana menteri. Mereka mengklaim Mahathir juga memperoleh dukungan mayoritas di parlemen.

"Kami sudah memberikan rincian tentang statuta deklarasi dukungan," kata Wakil Presiden Partai Amanah Negara, Datuk Seri Salauddin Ayub.

Pengunduran diri Mahathir diduga terkait dengan gerakan politik yang berupaya membentuk koalisi baru dengan merekrut anggota Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM), UMNO, Partai Islam SeMalaysia (PAS) dan faksi PKR yang dipimpin oleh mantan wakil PKR, Mohamad Azmin Ali.

[Gambas:Video CNN]
PKR lantas memutuskan memecat Azmin dan Zuraida yang dianggap berkhianat. Hal ini adalah buntut perseteruan politik internal antara Anwar dan Azmin sejak beberapa waktu lalu.

Kepada Anwar, Mahathir mengklaim tidak terlibat dengan upaya untuk membentuk koalisi pemerintahan baru dengan merekrut kelompok oposisi.

Mahathir sendiri mengirimkan surat kepada Raja Malaysia yang menyatakan restu kepada Muhyidin menjadi perdana menteri tidak tepat. Pria berusia 94 itu pun mengklaim telah mendapatkan dukungan lebih dari cukup untuk menjabat perdana menteri yakni sokongan dari 114 anggota parlemen. Untuk diketahui, guna menjadi perdana menteri Malaysia dibutuhkan paling tidak 112 dukungan dari anggota parlemen.

(ayp)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
March 01, 2020 at 06:10AM
https://ift.tt/386fZne

Muhyiddin Jadi PM Malaysia, Dua Koalisi Beda Sikap Internasional • 01 March 2020 06:10 - CNN Indonesia
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Muhyiddin Jadi PM Malaysia, Dua Koalisi Beda Sikap Internasional • 01 March 2020 06:10 - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.