Search

Arab Saudi Larang Warga Ibadah ke Mekkah Akibat Virus Corona - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Arab Saudi pada hari Rabu, 4 Maret 2020, melarang warganya dan penduduk lain di kerajaan itu untuk melakukan ibadah ke Mekkah, sementara Iran membatalkan salat Jumat di kota-kota besar.

Langkah Saudi itu memperluas larangan yang ditetapkan minggu lalu pada orang asing mengunjungi Mekkah dan Madinah, rumah bagi situs paling suci dalam Islam, sebagaimana dikutip Time, 4 Maret 2020.

Keputusan itu mengganggu perjalanan bagi ribuan Muslim yang telah menuju ke kerajaan dan berpotensi mempengaruhi rencana akhir tahun ini untuk jutaan orang lagi menjelang bulan puasa Ramadhan dan ibadah haji tahunan.

Bahkan setelah pengumuman 27 Februari itu, orang-orang yang sudah berada di Arab Saudi masih dapat melakukan perjalanan ke Masjidil Haram Mekkah.

Jemaah itu jauh lebih kecil dari biasanya sebelum pernyataan hari Rabu dari seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri yang tidak dikenal yang dibawa oleh Saudi Press Agency yang dikelola pemerintah.

Jutaan orang menghadiri ibadah haji tahunan, yang tahun ini ditetapkan akhir Juli hingga awal Agustus, dan banyak lagi mengunjungi situs-situs suci kerajaan sepanjang tahun. Sementara ibadah umrah menarik 7,5 juta orang asing pada tahun 2019 saja.

Masih belum jelas bagaimana larangan itu akan ditegakkan. Pemerintah menggambarkan penangguhan itu sebagai "sementara", tetapi tidak memberi petunjuk kapan akan dicabut. Larangan itu juga tampaknya mencakup Masjid Nabawi di Madinah.

Keputusan tersebut berupaya untuk “membatasi penyebaran epidemi coronavirus (COVID-19) dan mencegah aksesnya ke Dua Masjid Suci, yang menghadapi arus kerumunan manusia yang permanen dan intens, yang membuat masalah mengamankan kerumunan ini menjadi sangat penting,” kata pemerintah Saudi.

Di Iran, pihak berwenang menghentikan sholat Jumat di semua ibu kota provinsi di tengah wabah virus corona yang berkembang di negara itu, yang telah menewaskan sedikitnya 92 orang di antara 2.922 kasus yang dikonfirmasi. Iran dan Italia memiliki angka kematian tertinggi di dunia di luar Cina.

TIME | SPA

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
March 05, 2020 at 06:11AM
https://ift.tt/2IlWBbm

Arab Saudi Larang Warga Ibadah ke Mekkah Akibat Virus Corona - Tempo
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Arab Saudi Larang Warga Ibadah ke Mekkah Akibat Virus Corona - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.