Search

Fakta Canggihnya Drone Trump Pembunuh Jenderal Iran Soleimani - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Jumat pekan lalu, seluruh rakyat Iran berkabung. Petinggi militer Iran Jenderal Qasem Soleimani terbunuh dalam sebuah serangan militer yang dilakukan tentara Amerika Serikat (AS).

Serangan tersebut atas perintah Presiden AS Donald Trump dan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) MQ-9 Reaper. Drone ini diterbangkan dari markas US Central Command yang berlokasi di Qatar.

Lalu seperti apa kecanggihan drone MQ-9 Reaper? Drone ini terbang nyaris tanpa suara dan meluncurkan misil Hellfire yang menghancurkan konvoi mobil Jenderal Iran tersebut.

Pesawat tanpa awak ini memiliki daya jelajah 1.150 mil dengan kemampuan terbang di ketinggian 50.000 kaki. 

Begini Canggihnya Drone Trump Pembunuh Jenderal Iran SoleimanFoto: Infografis/Drone Mq9 Reaper/Edward Ricardo

MQ-9 Reaper disebut sebagai drone "bersenjata, multi misi, daya terbang menengah dan tahan lama", seperti dikutip dari New York Post, Rabu (8/1/2020).

Selain itu Drone ini juga disebut sebagai alat pengintai terhadap target berprofil tinggi, sensitif terhadap waktu, bisa membantu mencari target dan digunakan untuk operasi perang yang tidak teratur.

Drone berharga US$64,2 juta per unit (Rp 898,9 miliar) ini dapat membawa 4 misil Hellfire berdaya ledak cukup dasyat dan mampu menghancurkan tank.

Menurut laporan media setempat, penyerangan ini menggunakan misil Hellfire R9X 'Ninja' yang dimodifikasi. Moncongnya terdiri dari semacam bilah-bilah pisau tajam dan mematikan.

Drone mematikan ini mulai dioperasikan sebagai senjata oleh AS pada 2007 lalu. Pada September 2015, angkatan udara AS memiliki 93 drone MQ-9 Reaper di gudang senjatanya.


"(Penerbangan drone ini) hampir hening," ujar perusahaan pembuat drone ini dalam situsnya. "Drone ini merupakan pengakuan signifikan terhadap peran dalam perang jarak jauh di Angkatan Udara AS."

[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
January 08, 2020 at 07:17AM
https://ift.tt/2tCxDR6

Fakta Canggihnya Drone Trump Pembunuh Jenderal Iran Soleimani - CNBC Indonesia
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fakta Canggihnya Drone Trump Pembunuh Jenderal Iran Soleimani - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.