Search

Lebih Mengkhawatirkan Virus Corona atau Brexit, Bu Sri Mulyani? - Detikcom

Jakarta -

Kementerian Keuangan mencatat satu bulan pertama di tahun 2020 banyak kejadian yang memberikan dampak terhadap perekonomian Indonesia. Mulai dari ketegangan politik luar negeri, bencana alam, dan yang baru terjadi belakangan ini adalah merebaknya virus corona di China dan keputusan Inggris Raya keluar dari Uni Eropa alias Brexit.

Hari ini menjadi keputusan final bagi Inggris benar-benar keluar dari Uni Eropa atau tidak. Jika benar, maka hal tersebut memberikan dampak bagi perekonomian global.

Dari begitu banyak kejadian di awal tahun ini, mana yang paling membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati khawatir?

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengaku lebih khawatir merebaknya virus Corona dibandingkan dengan Brexit. Menurut dia, virus Corona bisa menjadi sentimen negatif bagi perekonomian nasional karena belum ada cara mengatasi penyebaran virus tersebut.

Dia justru menilai bahwa Brexit tidak memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian nasional.

"Saya rasa nggak (berdampak), mungkin kita sekarang lebih concern mengenai Corona, karena magnitude pengaruhnya ini belum settle karena kita belum tahu penyebarannya, tingkat kematian yang meningkat secara cepat, itu mungkin yang memberikan ketidakpastian," kata Sri Muyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Sri Mulyani menceritakan rencana Brexit sendiri sudah lama berhembus dan jika keputusan itu menjadi kenyataan maka dampak nyatanya lebih untuk Inggris dan Uni Eropa.

"Kita tentu harus waspada dalam artian kedua duanya kalau bersikeras pasti ada agreement yang tidak menguntungkan kedua belah pihak menurut saya, dibandingkan pada saat UK di dalam EU," jelas dia.

"Artinya traffic manusia dan capital itu alan terpengaruh, dan jangan lupa UK selama ini sebagai financial center hub, jadi kemudian memberikan dinamika yang haris kita baca dengan teliti," tambahnya.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
February 01, 2020 at 12:30PM
https://ift.tt/2Og4Mt8

Lebih Mengkhawatirkan Virus Corona atau Brexit, Bu Sri Mulyani? - Detikcom
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lebih Mengkhawatirkan Virus Corona atau Brexit, Bu Sri Mulyani? - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.