Search

Soal Brexit, Klub-klub Liga Inggris Masih Bisa Rekrut Pemain U-18 di 2020 - detikSport

Jakarta -

Keluarnya Inggris dari Uni Eropa alias Brexit memicu sejumlah tanda tanya di Liga Inggris, khususnya soal perekrutan pemain. FIFA mulai memberikan penjelasan.

Inggris seperti diketahui menuju pintu keluar Uni Eropa, yang prosesnya dimulai pada Juni 2016 silam dengan referendum. Secara resmi, Inggris akan mundur dari Uni Eropa pada Jumat (31/1/2020) pukul 23.00 malam waktu setempat.

Meski demikian, akan ada proses transisi sampai akhir tahun, atau tepatnya 31 Desember 2020. Dalam periode ini, Inggris dan Uni Eropa akan menegosiasikan bagaimana perjanjian dagang mereka ke depannya.

Sepakbola Inggris dipastikan turut terkena dampak dari Brexit ini. Salah satu hal yang paling menjadi tanda tanya adalah terkait urusan perekrutan pemain.

Selama menjadi anggota Uni Eropa, Inggris punya sejumlah keuntungan. Misalnya, bisa merekrut pemain-pemain U-18 (usia 16-18 tahun untuk Uni Eropa) dari sesama anggota tanpa terbentur aturan FIFA, dengan contoh perekrutan Cesc Fabregas dan Paul Pogba.

FIFA seperti diketahui punya aturan perlindungan transfer pemain-pemain remaja ini secara internasional (atau bisa disebut pelarangan transfer pesepakbola belia). Gambaran mudahnya, Uni Eropa dianggap sebagai satu negara sehingga jual beli pemain remaja antar klub di dalamnya tak dilarang.

Ketika Inggris keluar dari Uni Eropa, otomatis mereka terbentur aturan ini dan tak leluasa lagi merekrut bakat-bakat terbaik Eropa. Nah, FIFA telah memberikan penjelasan bahwa klub-klub Inggris masih bisa merekrut pemain-pemain U-18 di bursa transfer musim panas nanti.

"Ketika bicara soal transfer pemain antara ujsia 16-18 tahun, pengecualian Uni Eropa/Area Ekonomi Eropa (EU/EEU) berlaku di teritori di mana hukum Uni Eropa," ujar salah satu sumber FIFA kepada Sky Sports.

"FIFA memahami bahwa di bawah ketentuan Kesepakatan Mundur Inggris, hukum Uni Eropa (termasuk hukum pergerakan bebas) tetap berlaku sampai periode transisi berakhir, pada 31 Desember, 2020," demikian pernyataan FIFA.

Pertanyaan lainnya terkait Brexit dan sepakbola Inggris adalah mengenai aturan imigrasi para pemain. Kemungkinannya adalah Inggris memberlakukan aturan izin kerja (work permit) ke negara-negara Uni Eropa.

Simak Video "Inggris Cerai dengan Uni Eropa 31 Januari 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/din)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
January 31, 2020 at 05:59PM
https://ift.tt/2tYEJzZ

Soal Brexit, Klub-klub Liga Inggris Masih Bisa Rekrut Pemain U-18 di 2020 - detikSport
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soal Brexit, Klub-klub Liga Inggris Masih Bisa Rekrut Pemain U-18 di 2020 - detikSport"

Post a Comment

Powered by Blogger.