Search

Heboh! Trump & Israel Buat Rancangan Negara Palestina? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, mengumumkan rencana perdamaian Timur Tengah. Namun sayangnya rencana ini membuat marah sejumlah pihak, karena dianggap banyak pihak menguntungkan Israel.

Rencana itu adalah dengan mengusulkan pembentukan negara Palestina yang akan beribukota Yerusalem Timur. Sementara Kota Yerusalem akan menjadi ibu kota Israel.


Pernyataan itu disampaikan Trump saat menerima kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Gedung Putih. Netanyahu memang tengah berada di AS untuk membicarakan sejumlah hal dengan Trump.

"Visi saya menghadirkan peluang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, solusi dua negara yang realistis yang menyelesaikan risiko kenegaraan Palestina bagi keamanan Israel," kata Trump, sebagaimana dilansir dari Reuters, Selasa (28/1/2020).

Trump mengakui tujuannya sebenarnya adalah mengakhiri konflik yang sudah berlangsung selama beberapa dekade antara Israel-Palestina. Namun rencana yang diajukannya dianggap berat sebelah.

Pasalnya rancangan perdamaian tidak pernah memperoleh persetujuan dari Palestina. Padahal, Palestina merupakan negara yang berkonflik langsung dengan Israel.


Meski demikian, Trump mengatakan telah mengirim surat kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Ia bahkan meminta Abbas untuk mempelajari kesepakatan itu.
"Saya menjelaskan kepadanya bahwa wilayah yang dialokasikan untuk negara barunya akan tetap terbuka dan tidak berkembang selama empat tahun. Selama masa ini, Palestina dapat menggunakan semua musyawarah yang tepat untuk mempelajari kesepakatan, bernegosiasi dengan Israel, mencapai kriteria kenegaraan dan menjadi negara yang benar-benar independen dan luar biasa," katanya.

Netanyahu mengatakan bahwa rencana Trump menawarkan Palestina jalan menuju negara masa depan. Tetapi, ia mengakui hal itu mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terwujud.

"Jika mereka setuju untuk mematuhi semua persyaratan yang Anda (Trump) ajukan dalam rencana Anda, Israel akan ada di sana. Israel akan siap untuk menegosiasikan perdamaian segera," katanya dikesempatan yang sama.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas bahkan menghina kesepakatan itu sebagai sebuah "tamparan".

"Yerusalem tidak untuk dijual, hak-hak kami tidak untuk dijual dan tidak untuk tawar-menawar dan kesepakatan Anda, konspirasi tidak akan lolos," kata Abbas, kepada wartawan di kota Ramallah, Tepi Barat.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
January 29, 2020 at 07:53AM
https://ift.tt/2RBUBRC

Heboh! Trump & Israel Buat Rancangan Negara Palestina? - CNBC Indonesia
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Heboh! Trump & Israel Buat Rancangan Negara Palestina? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.