Search

Mulai Menyebar di Cina, Kenali Fakta di Balik Wabah Virus Corona - ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 17 kasus pneumonia akibat virus corona atau coronavirus kembali dilaporkan terjadi Cina pada Minggu (19/1/2020). Peningkatan jumlah kasus akibat virus corona baru ini menimbulkan kekhawatiran warga yang tengah mempersiapkan Tahun Baru Cina.

Otoritas Cina dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jenis virus Corona baru ada setelah merebaknya pneumonia di pusat kota Wuhan, tepat menjelang Tahun Baru Imlek.

Mereka mengatakan, jenis virus itu tidak tampak mematikan seperti jenis virus corona lainnya, yakni Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), yang menewaskan hampir 800 orang di seluruh dunia selama wabah 2002/2003 yang juga berasal dari Cina.

Dilansir oleh Asia One, adapun fakta-fakta seputar kasus virus corona di Cinayang perlu Anda ketahui.

1. Penyebaran virus corona

AYO BACA : Virus Corona China Menyebar ke Thailand dan Jepang

Pada 19 Januari 2020, ada 65 kasus orang menderita penumonia karena strain baru virus corona. Semua pasien adalah penduduk Wuhan atau orang-orang yang baru pergi ke kota.

Gejala yang mereka alami termasuk demam, batuk dan kesulitan bernapas. Sebanyak 62 pasien asal Wuhan yang dirawat, dua di antaranya sudah dinyatakan meninggal dunia.

Thailand juga menemukan ada dua kasus penumonia yang berasal dari wisatawan Cina dari Wuhan. Selain itu, Jepang juga menemukan kasus serupa pada orang Jepang yang mengunjungi Wuhan sebelum jatuh sakit.

2. Penyebab virus korona

Pihak kesehatan berpendapat bahwa wabah akibat virus corona ini berkaitan dengan pasar makanan laut di Wuhan. Tetapi, beberapa pasien baru mau menghindari pasar ini setelah didiagnosis dengan virus korona.

AYO BACA : Penyakit Sepsis, Pembunuh yang Lebih Besar Daripada Kanker

Mereka juga mengatakan tidak ada bukti jelas bahwa virus itu menyebar dengan mudah dari orang ke orang. Tetapi, mereka tidak ingin mengesampingkan kemungkinan penularan.

3. Tidak ada vaksin

Sekarang ini belum tersedia vaksin untuk jenis virus corona baru. Tetapi, perlu diwasapadai kalau gejalanya meliputi demam, kesulitan bernapas dan infiltrat pneumonik di paru-paru.

Pihak berwenang Cina juga telah meningkatkan upaya pemantauan dan desinfeksi menjelang liburan tahun baru di akhir Januari. Karena, ada sekitar 1,4 miliar orang di negara itu melakukan perjalanan domestrik dan luar negeri.

Otoritas bandara di Amerika Serikat serta banyak negara Asia, termasuk Jepang, Thailand, Singapura dan Korea Selatan telah meningkatkan pemeriksaan penumpang dari Wuhan.

WHO mengirim arahan ke rumah sakit di seluruh dunia tentang pencegahan dan pengendalian infeksi. Namun pihaknya telah menyarankan terhadap larangan perjalanan atau perdagangan berdasarkan informasi yang tersedia.

AYO BACA : Ini 5 Cara Ampuh Menghindari Anemia

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
January 20, 2020 at 09:29AM
https://ift.tt/2tq63H4

Mulai Menyebar di Cina, Kenali Fakta di Balik Wabah Virus Corona - ayobandung.com
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mulai Menyebar di Cina, Kenali Fakta di Balik Wabah Virus Corona - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.