Search

Indonesia Tutup Pintu bagi Pelancong dari 3 Negara Gegara Corona - detikNews

Jakarta -

COVID-19 masih menjadi virus global yang menghantui seluruh negara. Satu per satu sejumlah negara mengumumkan kasus virus corona pertamanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, Korsel, Italia, hingga Iran tercatat sebagai negara dengan kasus virus corona terbanyak di luar China daratan. Seperti dilansir kantor berita China, Xinhua News Agency, Selasa (3/3/2020), otoritas Korsel mengonfirmasi 4.812 kasus dengan 34 orang meninggal dunia.

Jumlah kasus virus corona di Korsel itu tercatat melebihi separuh dari seluruh kasus di luar China daratan. Sementara itu, virus corona di Iran telah menginfeksi total 1.501 orang, dengan 66 orang di antaranya meninggal dunia. Sedangkan di Italia, sudah 2.036 orang terkonfirmasi positif virus corona, dengan 52 orang di antaranya meninggal dunia.

Data tersebut menjadi rujukan Pemerintah Indonesia untuk menutup pintu para pelancong dari tiga negara tersebut. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengeluarkan kebijakan pembatasan masuknya warga negara manapun yang pernah melancong ke tiga negara itu.

"Sesuai laporan terkini WHO, saat ini terdapat kenaikan signifikan kasus COVID-19 di luar Tiongkok, terutama tiga negara, yaitu Iran, Italia, dan Korea Selatan," Kata Retno di kantornya, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

kebijakan itu, kata Retno, dibuat untuk kebaikan semua pihak. Larangan itu diperuntukkan bagi WNA dan WNI yang menjadi pelancong (traveler) yang memiliki riwayat perjalanan 14 hari sebelumnya ke wilayah-wilayah yang berada di Korsel, Italia, dan Ira, baik untuk transit maupun berkunjung ke Indonesia.

"Pertama, larangan masuk dan transit ke Indonesia bagi para pendatang atau travelers yang dalam 14 hari terakhir melakukan perjalanan di wilayah-wilayah sebagai berikut. Untuk Iran, yaitu Teheran (Tehran), Qom, Gilan. Untuk Italia, wilayah Lombardi, Veneto, Emilia Romagna, Marche, dan Piedmon. Untuk Korsel, kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do," sebut Retno.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
March 06, 2020 at 08:00AM
https://ift.tt/38o4SX3

Indonesia Tutup Pintu bagi Pelancong dari 3 Negara Gegara Corona - detikNews
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Tutup Pintu bagi Pelancong dari 3 Negara Gegara Corona - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.