Search

Ribuan Orang Turun ke Jalanan Baghdad, Tuntut Pengusiran Tentara AS - detikNews

Baghdad -

Ribuan orang turun ke jalanan kota Baghdad, Irak, untuk ikut serta dalam unjuk rasa anti-Amerika Serikat (AS). Para demonstran ini menyerukan pengusiran tentara AS dari wilayah Irak.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Jumat (24/1/2020), ribuan orang yang ikut unjuk rasa pada Jumat (24/1) waktu setempat merupakan pendukung ulama terkemuka Irak, Moqtada Sadr. Aksi ini berbeda dengan unjuk rasa antipemerintah yang berlangsung berbulan-bulan di Baghdad dan berbagai wilayah Syiah di Irak.

Dalam unjuk rasa terbaru yang berlangsung sejak Jumat (24/1) pagi waktu setempat, ribuan pria, wanita dan anak-anak memenuhi jalanan distrik Jadiriyah di Baghdad sebelah timur.

"Keluar, keluar, penjajah!" teriak sejumlah demonstran Irak. "Ya untuk kedaulatan!" teriak beberapa demonstran lainnya.

Kehadiran pasukan militer AS di Irak semakin menuai penolakan sejak serangan drone AS menewaskan jenderal top Iran, Qasem Soleimani dan komandan paramiliter Irak, Abu Mahdi al-Muhandis, pada 3 Januari lalu.

Dua hari kemudian, parlemen Irak menyepakati dalam voting bahwa seluruh tentara asing di negara tersebut -- termasuk 5.200 tentara AS -- harus pergi.

Hasil voting parlemen itu tidak mengikat dan seorang pejabat senior AS yang enggan disebut namanya, pada Kamis (23/1) waktu setempat, mengungkapkan bahwa AS belum menggelar perundingan terbuka dengan Irak soal pengusiran tentara asing.

Simak Video "Warga Iran Kompak Turun ke Jalan Memprotes Amerika dan Israel"

[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
January 24, 2020 at 04:49PM
https://ift.tt/37wFj6A

Ribuan Orang Turun ke Jalanan Baghdad, Tuntut Pengusiran Tentara AS - detikNews
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ribuan Orang Turun ke Jalanan Baghdad, Tuntut Pengusiran Tentara AS - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.