Search

Trump: Hong Kong Akan 'Dilenyapkan dalam 14 Menit' jika Bukan karena Saya - Okezone

WASHINGTONG - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, telah menyelamatkan Hong Kong dari kehancuran dengan membujuk Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk menunda pengiriman pasukan untuk menghancurkan gerakan pro-demokrasi, pada Jumat 22 November 2019.

"Jika bukan karena saya, Hong Kong akan dilenyapkan dalam 14 menit," kata Trump dalam wawancara awal dengan Fox News, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (23/11/2019).

Komentar Trump datang, saat dia mempertimbangkan menandatangani undang-undang yang disetujui secara kongres untuk mendukung aktivis pro-demokrasi - atau tunduk pada ancaman pembalasan Beijing jika undang-undang tersebut diberlakukan.

Donald Trump: AS Siap Bekerja Sama dengan Negara-Negara APEC

Saat ditanya, apakah dia akan memveto undang-undang, menyala hijau dengan margin yang luar biasa di Kongres pada hari Rabu, Trump mengelak.

"Saya akan mengatakan kepada Anda bahwa kami harus mendukung Hong Kong, tetapi saya juga mendukung Presiden Xi. Ia adalah teman saya, ia orang yang luar biasa," kata Trump.

"Saya ingin melihat mereka menyelesaikannya. Kita harus melihat mereka menyelesaikannya," sambungnya.

Trump menjelaskan hubungannya dengan Xi sebagai benteng yang menjaga Tiongkok agar tidak bergerak melawan gerakan pro-demokrasi yang telah mengguncang Hong Kong selama hampir enam bulan protes yang semakin keras.

Dia menambahkan bahwa "juta tentara yang berdiri di luar Hong Kong tidak akan pergi hanya karena saya bertanya kepadanya: 'Tolong jangan lakukan itu. Anda akan membuat kesalahan besar. Itu akan memiliki dampak negatif yang luar biasa pada kesepakatan perdagangan.' "

Trump mengakui bahwa ketegangan atas bekas jajahan Inggris - yang diserahkan kembali ke China pada tahun 1997 - telah mempersulit upaya untuk mencapai kesepakatan perdagangan dengan Beijing, prioritas utama Trump dan sumber ketidakpastian ekonomi ketika Washington memasuki tahun pemilihan.

Negosiator perdagangan AS dan Cina "berpotensi sangat dekat" dengan suatu kesepakatan, katanya.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
November 23, 2019 at 09:24AM
https://ift.tt/2D5VFVY

Trump: Hong Kong Akan 'Dilenyapkan dalam 14 Menit' jika Bukan karena Saya - Okezone
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump: Hong Kong Akan 'Dilenyapkan dalam 14 Menit' jika Bukan karena Saya - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.