Search

AS Konfirmasi Tiga Roket Hantam Kedubes di Irak - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat mengonfirmasi adanya serangan tiga roket ke kedutaan besar di Baghdad, Irak, Minggu (26/12020). Sebelumnya, satu roket dikabarkan jatuh tepat di kafetaria kedutaan sementara dua lagi jatuh di dekatnya.

Satu orang terluka dalam insiden ini. Meski belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab, AS menuding Iran ada di balik serangan tersebut.


Serangan yang bukan pertama kali terjadi ini membuat AS berang. Melalui Kementerian Luar Negeri-nya, negara Paman Sam ini mempertanyakan kemampuan Irak dalam melindungi fasilitas diplomatik negara adidaya itu.

"Kami menyerukan kepada pemerintah Iran untuk memenuhi kewajibannya untuk melindungi fasilitas diplomatik kami," kata seorang juru bicara sebagaimana dikutip dari AFP.

"Sejak September telah terjadi lebih dari 14 serangan oleh Iran dan milisi yang didukung terhadap personil AS di Irak."

"Situasi keamanan tetap tegang dan kelompok-kelompok bersenjata yang didukung Iran tetap menjadi ancaman. Jadi, kami tetap waspada."

Serangan itu terjadi saat waktu makan malam. Jurnalis setempat mengaku mendengar ledakan sekitar pukul 19.30 waktu setempat.

Sementara itu, Perdana Menteri Irak Adel Abdel Mahdi dan ketua Parlemen Mohammed Halbusi mengutuk insiden ini. Mereka menegaskan hal ini sangat berisiko dan bisa membawa Irak dalam peperangan.

Irak sebelumnya menjadi arena saling lempar serangan antara AS dan Iran. Setidaknya ada dua serangan besar dari AS dan Iran yang terjadi di Irak.

Pertama, pada 3 Januari 2020, di mana Jenderal Iran Qasem Soleimani tewas. Kedua, pada 8 Januari lalu, di mana dua pangkalan militer AS di Irbil dan Ayn Al-Ansad di bombardir rudal Iran.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
January 27, 2020 at 08:52AM
https://ift.tt/2GsoNs4

AS Konfirmasi Tiga Roket Hantam Kedubes di Irak - CNBC Indonesia
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS Konfirmasi Tiga Roket Hantam Kedubes di Irak - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.