Search

Jenderal Qassem Soleimani Tewas, Trump Enggan Perang dengan Iran - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Donald Trump mengatakan serangan drone Amerika yang menewaskan jenderal Garda Revolusi Iran Qassem Soleimani bukan untuk memulai perang dengan Iran.

Trump mengakui ia mengesahkan serangan presisi terhadap komandan dinas keamanan dan intelijen Iran karena ia merencanakan serangan terhadap Amerika.

"Kami menangkapnya dalam tindakan itu dan menghentikannya," kata Trump pada Jumat, sehari setelah serangan yang menewaskan Qassem Soleimani di bandara Baghdad, seperti dilaporkan CNN, 4 Januari 2020.

Trump mengatakan di Mar-a-Lago bahwa Soleimani seharusnya dibunuh oleh presiden sebelumnya dan keputusannya sebagai salah satu pencegahan dan bukan agresi.

"Kami menilai tindakan tadi malam untuk menghentikan perang. Kami tidak mengambil tindakan untuk memulai perang," kata Trump.

Jenderal Qassem Soleimani.[Business Insider]

Meskipun Trump pada hari Jumat berusaha untuk menjelaskan serangan itu sebagai pencegahan perang, ia terus mengancam para pemimpin Iran dengan serangan lebih lanjut jika mereka melanjutkan melakukan tindakan de-stabilisasi di Timur Tengah.

"Kami tidak ingin perubahan rezim," kata Trump, seraya menambahkan bahwa penggunaan perang proksi Iran harus berakhir.

Sementara Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami mengatakan Iran akan membalas dendam atas pembunuhan Mayor Jenderal Iran Qassem Soleimani, menurut kantor berita negara IRNA, dilaporkan Reuters.

"Balas dendam yang menghancurkan akan diambil untuk membalas pembunuhan Soleimani yang tidak adil ... Kami akan membalas dendam dari semua yang terlibat dan bertanggung jawab atas pembunuhannya," kata Hatami.

Dikutip dari TIME, Soleimani, 62 tahun, memimpin Pasukan Quds, cabang Garda Revolusi Iran yang bertanggung jawab untuk operasi di luar negeri, mulai dari sabotase dan serangan teror hingga memasok milisi yang beroperasi sebagai pasukan pengganti Iran.

Mayor Jenderal Soleimani diketahui melapor dan mendapat perintah langsung dari dan kepada Ali Khamenei, Pemimpin Tertinggi Iran, menurut Sky News.

Di luar urusan dalam negeri, dikendalikan oleh Presiden Hassan Rouhani, jenderal besar dipandang sebagai orang paling kuat kedua di negara ini. Pengamat telah membandingkan status Qassem Soleimani seperti wakil presiden AS.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
January 04, 2020 at 09:00AM
https://ift.tt/2SScwF0

Jenderal Qassem Soleimani Tewas, Trump Enggan Perang dengan Iran - Tempo.co
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenderal Qassem Soleimani Tewas, Trump Enggan Perang dengan Iran - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.