Search

Kemenkes RI Klaim Siap Hadapi Virus Corona - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan siap menghadapi virus corona penyebab pneumonia Wuhan, China.

Vensya Sitohang, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes menuturkan Kemenkes sudah menyiapkan semua daerah, kabupaten maupun kota termasuk Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di pintu masuk negara.

"Melalui Dirjen Pelayanan Kesehatan, kami menyiapkan 100 rumah sakit untuk rujukan penyakit infeksi emerging," kata Vensya saat konferensi pers di gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Di Jakarta, rumah sakit yang ditunjuk yakni, RSPAD Gatot Subroto, RS Persahabatan dan RS Sulianti Saroso. Dalam kesempatan serupa Asral Hasan, Kasubdit Pelayanan dan Penunjang, Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes menjelaskan 100 rumah sakit sudah disiagakan sejak 7 Januari 2019 melalui surat dari Kemenkes. Rumah sakit-rumah sakit ini dulunya disiagakan ketika kasus flu burung merebak.


"Disiagakan seperti apa? SDM dilatih, jadwal jaga ada, simulasi ulang bagaimana saat ada kasus, update SOP pas ada kasus. Kami pun mengumpulkan data apakah faskes perlu menambah alat atau enggak," imbuhnya.

Sedangkan dari sisi pintu masuk negara, Anas Ma'ruf, Kepala KKP Kelas 1 Bandara Soekarno - Hatta mengatakan pihaknya sudah meningkatkan kewaspadaan. Kewaspadaan ini terutama di pintu masuk negara yang melayani rute langsung dari China.

Teror pneumonia Wuhan Foto: NICOLAS ASFOURI / AFP
Teror pneumonia Wuhan

Terdapat 19 pintu masuk dari Indonesia yang memiliki akses langsung ke China antara lain, Tangerang, Jakarta, Bandar Lampung, Bandung, Jambi, Samarinda, Palembang, Surabaya, dan Batam. Pihak KKP telah menyiapkan sejumlah perlengkapan seperti 12ribu lebih masker N95, 35ribu health alert card, dan 860 alat pelindung diri (APD).
"Ini terutama untuk staf yang berhadapan langsung dengan penumpang di kedatangan. Kami menganjurkan mereka pakai masker. APD dikenakan kalau sudah ada yang suspect," kata Anas dalam kesempatan serupa.

Sejauh ini terdapat sebanyak 195 alat pendeteksi suhu (thermal scanner) di semua pintu masuk negara. Dari jalur udara, ada sebanyak 30 penerbangan yang melayani perjalanan dari China ke Cengkareng dengan rincian 27 penerbangan langsung dan 3 lainnya transit. Sekitar lima ribu penumpang datang dari China setiap harinya.

(els/chs)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
January 23, 2020 at 09:14AM
https://ift.tt/2RKNSUj

Kemenkes RI Klaim Siap Hadapi Virus Corona - CNN Indonesia
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenkes RI Klaim Siap Hadapi Virus Corona - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.