Search

Virus mematikan China menyebar ke Amerika, pasar global cemas - Kontan

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Korban meninggal dunia dari coronavirus Wuhan di naik menjadi enam orang pada hari Selasa (21/1/2020). Kini, pada hari yang sama, kasus pertama dilaporkan di Amerika Serikat. Kondisi itu membuat pasar jatuh karena kekhawatiran kerusakan ekonomi ketika wisatawan banyak yang membatalkan rencana perjalanan dan bandara meningkatkan penyaringan penumpang.

Virus itu menyerang ketika jutaan orang warga China bersiap untuk melakukan perjalanan liburan Tahun Baru Imlek. Tak pelak, kondisi ini meningkatkan risiko penularan. Banyak warga China yang bergegas membeli masker wajah untuk melindungi diri mereka dari infeksi serupa flu yang sebelumnya tidak diketahui.

Wabah itu, yang dimulai di kota Wuhan di China tengah, juga mengkhawatirkan pasar keuangan ketika para investor mengingat kembali epidemi Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) China pada 2002-2003, wabah koronavirus yang menewaskan hampir 800 orang.

Baca Juga: Cegah virus misterius, Korea Utara larang turis asing masuk

“Kami akan tinggal di rumah selama liburan. Saya takut karena saya ingat SARS dengan sangat baik," kata Zhang Xinyuan, yang telah berencana untuk berlibur ke sebuah resor Thailand sebelum dia dan suaminya memutuskan untuk membatalkan tiket pesawat mereka.

Melansir Reuters, seorang pelancong dari China didiagnosis terjangkit coronavirus Wuhan di Seattle. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ini merupakan kasus pertama yang diidentifikasi di Amerika Serikat. Pasien dalam kondisi baik, kata CDC.

Baca Juga: Penyebaran virus misterius China mengerem penurunan harga emas

Dinas kesehatan itu mengatakan, pihaknya memperkirakan akan melihat lebih banyak kasus di Amerika Serikat, telah mengembangkan tes baru untuk mengidentifikasi virus dan sedang dalam pembicaraan dengan National Institutes of Health tentang mengembangkan vaksin.

Pihak berwenang telah mengkonfirmasi lebih dari 300 kasus virus di Cina, kebanyakan ada di Wuhan. Walikota Wuhan Zhou Xianwang mengatakan kepada televisi pemerintah China pada hari Selasa bahwa enam orang telah tewas di kotanya.

Penyakit ini menyebar di bagian lain China, termasuk lima kasus di ibukota Beijing.

Baca Juga: Waspada tinggi, korban meninggal akibat virus misterius bertambah jadi 6 orang

Kasus-kasus juga telah dikonfirmasi di Thailand, Korea Selatan, Jepang dan Taiwan, semuanya melibatkan orang-orang yang pernah ke Wuhan.

Lima belas tenaga medis termasuk di antara mereka yang terkena infeksi.

Gejalanya meliputi demam, batuk dan kesulitan bernapas. Infeksi virus dapat menyebabkan pneumonia.

Pasar cemas

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengadakan pertemuan pada hari Rabu untuk mempertimbangkan apakah wabah tersebut merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat internasional.

"Informasi tentang infeksi yang baru dilaporkan menunjukkan bahwa sekarang mungkin ada penularan dari manusia ke manusia," kata direktur regional WHO untuk Pasifik barat, Takeshi Kasai.

Baca Juga: Australia memperingatkan, sulit untuk mencegah penyebaran virus corona baru

Salah seorang operator travel asing mengatakan, Korea Utara berencana untuk sementara waktu melarang turis asing, yang sebagian besar adalah warga China.

Meskipun asal usul virus belum diidentifikasi, WHO mengatakan sumber utama mungkin hewan. Pejabat China telah menghubungkan wabah ini dengan pasar makanan laut Wuhan.

Ketakutan ini memicu penghindaran risiko di pasar global, di mana market Asia yang paling terpukul.

Hong Kong, yang menderita parah selama wabah SARS, mengalami kejatuhan pada indeksnya sebesar 2,8% (Hang Seng). Sementara, indeks Nikkei Jepang melorot 0,9%, dan indeks blue chip Shanghai CSI 300 anjlok 1,7%.

Baca Juga: Australia isolasi pria yang diduga terserang virus mirip SARS setelah kunjungi Wuhan

Di Eropa, saham produsen barang-barang mewah mengalami penurunan paling dalam. Pembeli China merupakan penyebab sebagian besar pertumbuhan di sektor ini, dan investor khawatir bahwa kecemasan kesehatan dapat menghalangi konsumen Tiongkok untuk bepergian atau berbelanja.

Sementara itu, indeks saham maskapai penerbangan AS melorot 2,3% dan operator hotel dan kasino Las Vegas Sands Corp dan Wynn Resorts Ltd, keduanya memiliki operasi besar di China, turun lebih dari 4%.

Sebaliknya, saham produsen suntikan flu seperti NanoViricides dan Novavax melonjak.

Baca Juga: Mengenal virus corona, bagaimana penyebaran dan pencegahannya?

Pasar mata uang juga memerah. Yuan China turun hampir 0,7% dalam perdagangan onshore menjadi 6,9126 per dollar. Pada perdagangan offshore, yuan melemah ke level terendah dalam lebih dari seminggu di 6,9094.

“Menyebarnya coronavirus mirip-SARS di Wuhan berkembang menjadi risiko ekonomi potensial yang besar bagi kawasan Asia-Pasifik sekarang karena ada bukti medis dari penularan dari manusia ke manusia,” kata Rajiv Biswas, kepala ekonom Asia Pasifik untuk IHS Tandai itu.

 




Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
January 22, 2020 at 05:23AM
https://ift.tt/37k8nhe

Virus mematikan China menyebar ke Amerika, pasar global cemas - Kontan
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Virus mematikan China menyebar ke Amerika, pasar global cemas - Kontan"

Post a Comment

Powered by Blogger.