Search

Corona Mewabah, Arab Saudi Minta Umat Muslim Tunda Ibadah Haji Tahun Ini, Apa Kata Calon Jemaah? - Serambinews.com

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Pelaksanaan ibadah haji 2020 terancam batal di tengah pandemi virus corona dan kementerian agama mengatakan sudah menyiapkan skenario bila Mekah ditutup tahun ini.

Sinyalemen terbaru ini dikatakan Menteri urusan Haji dan Umrah Arab Saudi, Muhammad Salih bin Taher Banten. Seperti dikutip Reuters dari Ekhbariyya TV, Menteri Muhammad Salih meminta jemaah haji di seluruh dunia untuk menunggu sebelum membuat rencana haji sampai ada kejelasan tentang pandemi virus corona.

Kementerian Agama melalui juru bicaranya, Oman Fathurahman mengatakan maksud pejabat Arab Saudi bukan menunda pelaksaan haji tahun, tapi menunda pelaksanaan kontrak layanan di Arab Saudi.

"Jadi konteks penyataan pers Menteri Haji Saudi itu adalah menunggu atau tidak buru-buru untuk melakukan kontrak pelayanan haji. Ini bisa jadi karena pemerintah Saudi masih fokus untuk memaksimalkan penyiapan fasilitas perhajian ketimbang mengurus administrasi kontrak," kata Oman melalui keterangan persnya, Rabu (04/01/2020).

Namun, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis mengatakan pemerintah sudah menyiapkan skenario jika Arab Saudi menutup Mekah tahun ini.

Kabar Baik di Tengah Wabah Corona, Peneliti IPB & UI Temukan Senyawa Anti-Corona dari Buah-buahan

Nekat Gelar Resepsi Pernikahan di Hotel Berbintang saat Wabah Corona, Kapolsek Kembangan Dicopot

Calon jemaah haji yang dijadwalkan berangkat tahun ini dapat melunasi atau mengambil uangnya.

Bagi calon jemaah yang memilih menarik uang pelunasan, maka ia tetap menjadi jemaah dengan status tunggu antrean tahun depan.

"Tapi statusnya nanti dia akan menjadi jemaah waiting list lagi untuk tahun depan, karena dia nanti tergantung apakah ketika mau berangkat akan melunasi lagi atau tidak. Beda dengan yang tidak menarik uangnya, maka dia termasuk jemaah yang lunas tunda," kata Muhajirin kepada BBC News Indonesia, Rabu (01/04).

Pelunasan biaya haji diperpanjang waktunya dengan pembayaran tanpa tatap muka (non-teller). Kementerian Agama memperpanjang masa pelunasan haji semula 27 - 31 Maret menjadi mulai tanggal 1 - 21 April 2020.

Kuota haji Indonesia tahun ini berjumlah 204.000. Jumlah ini terdiri dari 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus. Sementara biaya rata-rata nasional sebesar Rp35,2 juta per jemaah. "Pembayaran masih sama dengan tahun lalu," kata Muhajir.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 02, 2020 at 11:25AM
https://ift.tt/3bIMoSZ

Corona Mewabah, Arab Saudi Minta Umat Muslim Tunda Ibadah Haji Tahun Ini, Apa Kata Calon Jemaah? - Serambinews.com
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Corona Mewabah, Arab Saudi Minta Umat Muslim Tunda Ibadah Haji Tahun Ini, Apa Kata Calon Jemaah? - Serambinews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.