Search

Tak Nongol, Kim Jong Un Kemungkinan Hindari Virus Corona - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Spekulasi soal kesehatan dan keberadaan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjadi perbincangan setelah dia absen dari acara peringatan ulang tahun kakek dan pendiri Korea Utara Kim Il Sung pada 15 April 2020. Menteri Unifikasi Korea Selatan, Kim Yeon-chul, menyebut absennya Kim Jong Un dalam acara itu memang tidak biasa. 

Sejumlah pejabat di Pemerintah Korea Selatan menyebut mereka telah mendeteksi beberapa pergerakan yang tidak biasa di Korea Utara dan telah berhati-hati pada laporan yang menduga Kim Jong Un sakit. Korea Utara sejauh ini belum mengkonfirmasi adanya kasus virus corona di negara itu, namun negara itu sudah melakukan langkah pencegahan virus corona dan ketidak hadiran Kim Jong Un dalam acara 15 April lalu juga bukan hal yang biasa. 

“Betul sekali dia tidak pernah melewatkan peringatan ulang tahun Kim Il Sung sejak mengambil alih kekuasaan, namun banyak acara peringatan dibatalkan karena kekhawatiran penyebaran virus corona,” kata Kim Yeon-chul, seperti dikutip dari reuters.com.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyaksikan peluncuran roket saat mengunjungi sub-unit artileri jarak jauh Tentara Rakyat Korea, di Korea Utara, 2 Maret 2020. KCNA/via REUTERS  

Menurut Kim Yeon-chul, sebelumnya pada pertengahan Januari 2020 Kim Jong Un juga tidak terlihat batang hidungnya hampir selama 20 hari. Namun hal itu bukan sesuatu yang mencurigakan mengingat saat ini sedang terjadi penyebaran virus corona.

Sebelumnya pada Senin, 27 April 2020, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku sangat yakin Kim Jong Un baik-baik saja dan berharap dia sehat. Namun Trump tidak memberikan keterangan lebih lanjut.  

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga mengaku ikut mendengar kabar simpang-siur Kesehatan Kim Jong Un. Pihaknya memantau perkembangan kasus ini dengan baik. 

Korea Utara telah membatalkan sejumlah acara-acara besar dan menutup pintu perbatasan. Kebijakan karantina juga diberlakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Chad O’Carroll, CEO Korea Risk Group, mengatakan jika Kim Jong Un mencoba menghindari infeksi virus corona, dia secara teori harusnya bisa mengunggah foto atau rekaman video yang memperlihatkannya kondisi kesehatannya.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 28, 2020 at 08:35PM
https://ift.tt/35h0Wam

Tak Nongol, Kim Jong Un Kemungkinan Hindari Virus Corona - Tempo
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Nongol, Kim Jong Un Kemungkinan Hindari Virus Corona - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.