Search

Desas-desus di Seputar Pemimpin Korut - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Keberadaan dan kondisi Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, sampai hari ini masih misterius setelah pekan lalu disebut-sebut dalam kondisi kritis akibat komplikasi usai menjalani operasi kardiovaskular.

Korea Selatan sebagai negara tetangga dan musuh terdekat yang sangat rajin memantau perkembangan Korut menepis kabar tersebut. Menurut mereka sampai saat ini Kim Jong-un baik-baik saja.


Sebagai negara yang totaliter dan tertutup, memang tidak mudah untuk mengetahui perkembangan di Korea Utara. Saking sulitnya menembus sekat untuk memperoleh informasi, sejumlah rumor kerap menghampiri para pemimpin Korut terdahulu.

Hal itu terjadi kepada pendiri Korut, Kim Il-sung. Dia pernah diberitakan meninggal oleh surat kabar Korsel, Chosun Ilbo, pada 16 November 1986.

Saat itu surat kabar tersebut menerbitkan berita pendek soal rumor Kim Il-sung meninggal, dari laporan koresponden mereka di Tokyo, Jepang. Keesokan harinya, juru bicara angkatan bersenjata Korsel mengatakan Kim Il-sung meninggal akibat ditembak. Pesan itu lantas diputar berulang-ulang melalui pengeras suara dari pos tentara Korsel di perbatasan dengan Korut.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (30/4), Chosun Ilbo lantas menerbitkan edisi khusus tentang peristiwa tersebut secara beruntun pada 17 dan 18 November 1986, dengan laporan sepanjang tujuh halaman. Tajuk yang terpampang di halaman depan bertuliskan, "Kim Il-sung Tewas Ditembak".

Sejumlah surat kabar lain di Korsel juga menerbitkan tajuk yang sama. Namun, beberapa jam setelah koran itu terbit, ternyata Kim Il-sung yang bersahabat erat dengan proklamator Republik Indonesia, Ir. Soekarno, mendadak muncul di Bandara Pyongyang untuk menyambut rombongan dari Mongolia.


Chosun Ilbo tidak pernah sekalipun menerbitkan koreksi atas kekeliruan pemberitaan tersebut. Mereka cuma menyampaikan permohonan maaf dalam peringatan 100 tahun berdirinya surat kabar tersebut.

Desas-desus juga tidak lepas dari kehidupan ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il. Hal itu terjadi pada 2004 silam.

Saat itu dilaporkan terjadi ledakan di sebuah stasiun kereta di Korut dekat perbatasan China. Sejumlah dugaan muncul ledakan itu diduga adalah upaya pembunuhan terhadap Kim Jong-il.

Padahal, kereta kenegaraan yang ditumpangi Kim Jong-il sudah lebih dulu melintas setelah mengunjungi China. Ternyata ledakan itu berasal dari tabrakan dua kereta yang mengangkut bahan bakar, yang dilaporkan menewaskan dan melukai ribuan orang.

Empat tahun kemudian, Kim Jong-il kembali dilaporkan meninggal. Namun, ternyata laporan tersebut meleset, tetapi cukup merepotkan Korsel yang menganggap hal itu dilakukan untuk memanipulasi perdagangan di bursa saham.

Ilustrasi penduduk Korea Utara di ibu kota Pyongyang. (Ed JONES / AFP)
Kim Jong-il tutup usia pada Desember 2011. Namun, berita itu berhasil ditutup rapat oleh pemerintah Korut dan dipaparkan diketahui dua hari kemudian dan membuat dunia terkejut. (ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 30, 2020 at 07:26AM
https://ift.tt/2KJAT26

Desas-desus di Seputar Pemimpin Korut - CNN Indonesia
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Desas-desus di Seputar Pemimpin Korut - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.