Search

Mengintip Porsi Anggaran Militer Kim Jong Un - Detikcom

Jakarta -

Pimpinan Korea Utara yang otoriter Kim Jong Un sedang ramai jadi perbincangan seluruh dunia. Kim dikabarkan baru saja meninggal dunia, dia disebut meninggal karena gagal jantung.

Kim dan negaranya sangat terobsesi menguatkan militernya. Bahkan Korea Utara berada di peringkat No 1 di dunia dalam hal porsi belanja untuk kebutuhan militer terhadap produk domestik bruto (PDB) antara 2007-2017.

Menurut laporan Pengeluaran Militer Dunia dan Transfer Senjata Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat tahun 2019 yang dilansir dari Yonhap News Agency, Minggu (26/4/2020), pengeluaran militer Korea Utara rata-rata sekitar US $ 3,6 miliar per tahun atau sekitar Rp 54 triliun (dalam kurs Rp 15 ribu).

Jumlahnya menyumbang 13,4 hingga 23,3% dari rata-rata PDB negara itu sebesar US$ 17 miliar selama periode tersebut atau sekitar Rp 255 triliun selama 7 tahun.

Sementara itu Oman yang bercokol pada urutan ke dua menghabiskan sekitar 12,1% dari PDB untuk militer. Kemudian, diikuti Arab Saudi dengan 9,3%.

Namun, apabila dibandingkan jumlahnya, pengeluaran militer tahunan Korea Utara lebih kecil daripada Korea Selatan.

Negara rivalnya ini menghabiskan US$ 34,8 miliar atau sekitar Rp 522 triliun untuk militer. Namun memang kalau dibandingkan dengan jumlah PDB, Korea Selatan cuma sebesar 2,6% pengeluaran militernya.

Kim juga mengembangkan senjata nuklir di negaranya, menurut sebuah laporan yang disusun Komite Sanksi Dewan Keamanan PBB untuk Korea Utara yang dilansir dari Reuters, Kim telah mencuri hingga US$ 2 miliar atau berkisar Rp 30 triliun untuk mengembangkan nuklirnya.


Peristiwa ini terjadi di pertengahan 2019 lalu, Korea Utara disebut telah menggunakan peretas alias hacker di dunia maya yang semakin canggih untuk mencuri dana dari lembaga keuangan dan pertukaran mata uang kripto demi menghasilkan pendapatan.

Sebagai pimpinan negara, Kim juga sangat kaya. Berapa total hartanya?

Simak Video "Isu Kim Jong-Un Meninggal, #KIMJONGUNDEAD Trending di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 27, 2020 at 06:23AM
https://ift.tt/3eVJKeX

Mengintip Porsi Anggaran Militer Kim Jong Un - Detikcom
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengintip Porsi Anggaran Militer Kim Jong Un - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.