Search

Korsel Yakin Kim Jong-un Masih Hidup dan Sehat - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Penasihat keamanan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat ini masih hidup dan berada dalam kondisi sehat.

Pernyataan ini membantah rumor mengenai kesehatan Kim Jong-un hingga dikabarkan meninggal pekan lalu.

"Posisi pemerintah kita tegas," ujar Moon Chung-in, penasihat Moon Jae-in, dalam wawancara dengan CNN pada Minggu (26/4) malam waktu setempat.


Menurut dia, Kim saat ini sedang berada di Wonsan, sebuah kota resor di timur Korut sejak 13 April lalu.

"Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," tambahnya.

Spekulasi terkait kondisi Kim bermula pada ketidakhadirannya pada perayaan ulang tahun mendiang kakeknya yang juga pendiri Korut, Kim Il-sung, pada 15 April lalu.

Kim juga belum terlihat di muka publik sejak memimpin rapat politbiro Partai Pekerja Korut pada 11 April.

Sehari setelahnya, media pemerintah Korut melaporkan Kim memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara.

Namun karena ia tak muncul pada 15 April, media lalu mengeluarkan serangkaian spekulasi soal kesehatan Kim. Ketika itu, Korsel sendiri mengatakan tak memiliki informasi apa-apa mengenai Kim.

"Kami tidak memiliki apa-apa untuk mengonfirmasi dan tidak ada gerakan khusus yang terdeteksi di dalam Korut sampai sekarang," kata kantor Kepresidenan Korsel dalam pernyataan pekan lalu.

Sementara itu, Daily NK, outlet media online yang dijalankan para pembelot dari Korut, menyatakan Kim pulih setelah menjalani prosedur kardiovaskular awal April.

Mengutip sumber di dalam Korut, Kim, yang berusia pertengahan 30-an, disebut membutuhkan perawatan segera karena merokok, obesitas, dan kelelahan.

Segera setelah itu, mengutip informasi intelijen Amerika Serikat, CNN melaporkan bahwa Kim berada dalam "bahaya besar" setelah menjalani operasi.

Namun Presiden AS Donald Trump pada Kamis membantah laporan bahwa Kim sedang sakit tetapi tidak menyebutkan kapan ia terakhir kali berhubungan dengan Kim.

Pada Senin, surat kabar Korut Rodong Sinmun melaporkan bahwa Kim telah mengirim pesan terima kasih kepada para pekerja di proyek pariwisata pesisir Wonsan Kalma.

Meski begitu, hingga kini, belum ada foto terbaru Kim.

Citra satelit yang ditinjau oleh 38North, sebuah think tank yang berbasis di AS, menunjukkan sebuah kereta yang kemungkinan milik Kim di sebuah stasiun di Wonsan pekan lalu.

Sementara itu sangat sulit untuk mengonfirmasi secara mandiri terkait apa yang terjadi di Korut, terlebih soal kondisi Kim.

Sebelumnya, isu soal kesehatan Kim sempat muncul pada 2014 ketika ia menghilang selama hampir enam minggu. Saat itu, ia dikabarkan melakukan operasi untuk mengangkat kista dari pergelangan kakinya. (stu)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 27, 2020 at 08:53AM
https://ift.tt/2zwcrit

Korsel Yakin Kim Jong-un Masih Hidup dan Sehat - CNN Indonesia
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korsel Yakin Kim Jong-un Masih Hidup dan Sehat - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.