Search

Fakta-fakta Kim Yo Jong, Senjata Memesona dari Korea Utara - Suara.com

Suara.com - Nama Kim Yo Jong akhir-akhir ini menjadi perbincangan seiring dengan kabar sang kakak yang kritis atau sakit berat. Adik Kim Jong Un ini digadang-gadang akan menggantikan sang kakak jika terjadi kemungkinan paling buruk.

Banyak media yang memperkirakan bahwa Kim Yo Jong ini merupakan kandidat kuat pengganti dari Kim Jong Un. Siapakah sebenarnya Kim Yo Jong, dan bagaimana sepak terjangnya? Berikut fakta-fakta mengenai Kim Yo Jong.

1. Pernah sekolah di Swiss

Kim Yo Jong merupakan adik perempuan dari Kim Jong Un yang saat ini banyak diberitakan tentang kesehatannya yang semakin menurun.

Kim Yo Jong dikabarkan lahir pada 26 September 1988, setidaknya seperti diberitakan di mk.co.kr. Ia juga pernah menempuh sekolah di Swiss bersama sang kakak; tentu dengan penjagaan yang ketat.

Kim Yo Jong disebut berhasil lulus dengan gelar ilmu komputer pada tahun 2007, dan juga dikabarkan pernah menempuh pendidikan di Im Il-Sung Military University.

Untuk urusan pribadi, info mengenai Kim Yo Jong ini sebenarnya sangat ditutup rapat oleh Korea Utara sebagai bentuk perlindungan. Namun kabarnya ia sudah menikah dengan Choe Song yang adalah putranya Choe Ryong Hae tangan kanan Kim Jong Un, pada 2014 lalu.

2. Ratu Humas Korea Utara

Adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, dalam sebuah acara. [Luong Thai Linh/Pool/AFP]
Adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, dalam sebuah acara. [Luong Thai Linh/Pool/AFP]

Kim Yo Jong juga disebut sebagai ratu public relation di Korea Utara. Wanita 31 tahun ini juga sebagai garda terdepan untuk membangun citra dari Kim Jong Un.

"Untuk melihat anggota keluarga Kim secara langsung seperti itu sangat tidak biasa bagi orang Korea Selatan, sehingga tidak mengejutkan mereka terpesona olehnya (Kim Yo Jong)" jelas Jean Lee, mantan kepala biro Pyongyang untuk kantor berita Associated Press.

Kim Yo Jong ini juga berperan penting dalam pengiriman pemandu sorak khusus yang tampak memesona dengan sentuhan khas Korea Utara pada Olimpiade.

Dilansir dari koreatimes.co.kr, adik dari Kim Jong Un ini juga merupakan salah satu anggota dari komite yang paling berpengaruh di Korea Utara yakni politbiro.

Kim Yo Jong masuk ke politbiro menggantikan Kim Kyong Hui yang tak lain adalah sang bibi. Setelah masuk ke komite ini, ia bertugas sebagai salah satu penasihat politik.

Selain itu, Yo Jong juga bertugas sebagai pemoles citra positif sang kakak. Ia yang memberi masukan agar Kim Jong Un mengunjungi tempat-tempat umum agar terciptanya kesan positif.

Ia juga menjabat di Departemen Propaganda dan Agitasi Korea Utara.

3. Pernah Menginjakkan Kaki di Korea Selatan

Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo-jong (kiri), bertemu dengan delegasi Korsel [AFP]
Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong (kiri), saat bertemu dengan delegasi Korsel. [AFP]

Cucu dari pendiri Korea Utara ini juga pernah menginjakkan kaki di Korea Selatan saat menjadi utusan dalam perhelatan Olimpiade Musim Dingin pada 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.

Saat itu, Yo Jong menemani Kim Yong Nam dan membawa serta "pasukan memesona" sebagai pemandu sorak yang mencuri banyak perhatian.

Di Olimpiade tersebut, Korea Utara dan Korea Selatan tampil dengan satu bendera saat upacara pembukaan. Tim kedua negara juga bergabung bersama untuk tim hokey.

Kim Yo Jong juga pernah bertemu dengan Presiden Korea Selatan saat Olimpiade tersebut. Kunjungan tersebut langsung menjadi sorotan dunia ketika hubungan kedua negara sedang memanas.

4. Menantu dari Tangan Kanan Kim Jong Un

Kim Yo Jong juga dikabarkan menjadi istri salah satu pejabat senior Partai Pekerja Korea Utara.

Dalam laporan Daily Mail, Kim Yo Jong telah menikah dengan anak dari Sekretaris Partai Pekerja, Choe Ryong Hae, yang bernama Choe Song.

Choe Ryong Hae yang merupakan salah satu pejabat kuat di partainya, sekaligus juga dikenal sebagai tangan kanan dari Kim Jong Un. Pemimpin Korea Utara tersebut juga sering meminta nasihat mengenai kekuasaannya kepada mertua sang adik.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 22, 2020 at 09:13AM
https://ift.tt/2Ksr9Jy

Fakta-fakta Kim Yo Jong, Senjata Memesona dari Korea Utara - Suara.com
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fakta-fakta Kim Yo Jong, Senjata Memesona dari Korea Utara - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.