Search

Heboh Kim Jong Un Dikabarkan Kritis, Ini Respons Trump - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kontroversi seputar kesehatan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengundang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berkomentar. Sebelumnya, sejumlah media memberitakan kabar buruknya kesehatan sang presiden.

"Saya hanya bisa mengatakan ini: Saya mendoakannya yang terbaik," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Selasa (21/4/2020), sebagaimana dikutip dari AFP.

"Saya harap dia baik-baik saja," ujar Trump menambahkan seraya mengharap Kim melihat reaksinya.


"Jika dia dalam kondisi seperti yang dikatakan laporan itu, di mana berita itu mengatakan, kondisinya sedang sangat serius."
Heboh Kim Jong Un Dikabarkan Kritis, Ini Respons TrumpFoto: CNBC
Meski demikian, Trump tidak menegaskan apakah informasi soal kesehatan Kim memang benar adanya. "Saya tidak tahu bahwa laporan itu benar," katanya lagi.

Sementara itu, Reuters yang mengutip Daily NK mengatakan kesehatan Kim Jong Un memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Ini akibat kegiatan merokoknya yang cukup kuat, obesitas, dan terlalu banyak bekerja.

Kim melakukan operasi kardiovaskuler (jantung) 12 April lalu. Situs itu mengutip sumber-sumber tak dikenal di dalam negara mengatakan Kim kini berada di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan di pantai timur negeri itu.

"Pemahaman saya adalah bahwa dia telah berjuang (dengan masalah kardiovaskular) sejak Agustus lalu tetapi memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu," kata sumber yang dikutip Daily NK, dilansir dari Reuters.

Kecurigaan tentang kondisi Kim Jong Un diawali saat Korut merayakan peringatan hari ulang tahun ayah Kim Jong Il dan kakeknya Kim Il Sung, sebagai hari libur nasional pada 15 April. Tetapi Kim Jong Un tidak terlihat hadir.

Sementara itu, CNN International mengutip seorang pejabat AS mengatakan Washington mendapat bisikan intelijen bahwa Kim tengah berada dalam "bahaya besar" pascaoperasi. Bloomberg menulis, ia tengah kritis.

Menanggapi ini, Korea Selatan membantah kalau situasi kesehatan Kim sangat parah. "Kami tidak memiliki konfirmasi namun tidak ada gerakan khusus yang terdeteksi di Korea Utara sampai sekarang," kata Juru Bicara Kantor Kepresidenan Korsel.

Trump dan Kim bertemu 2018 lalu di Singapura guna membicarakan denuklirisasi Korut. Namun pertemuan kedua, yang rencananya dilakukan di Hanoi, Vietnam di 2019 gagal.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 22, 2020 at 07:33AM
https://ift.tt/2ytJwuZ

Heboh Kim Jong Un Dikabarkan Kritis, Ini Respons Trump - CNBC Indonesia
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Heboh Kim Jong Un Dikabarkan Kritis, Ini Respons Trump - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.