Search

Pembelot Korut Positif Terinfeksi Corona saat Dites di China - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang warga Korea Utara yang berusaha membelot ke China dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Warga yang tidak diketahui identitasnya itu kini tengah dikarantina di sebuah rumah sakit di China.

Sumber Daily NK di China mengatakan sebelum dirawat ia ditembak oleh penjaga perbatasan pada Senin (20/4) sore lalu. Ia didapati tengah berusaha menyeberangi sungai Tumen di Provinsi Hamgyong Utara.

Warga yang tidak diketahui identitasnya itu kini dipindahkan ke rumah sakit di Longjing, Provinsi Jilin tempat ia menjalani tes corona. Setelah menjalani dua kali tes, ia kemudian dinyatakan positif terinfeksi virus corona.


Rumah sakit di Longjing dilaporkan telah meningkatkan penjagaan dan membatasi jumlah kunjungan setelah ia dirawat di sana. Mengutip Daily NK, pihak berwenang China menolak mengonfirmasi kabar warga Korea Utara yang tengah menjalani perawatan Covid-19 di rumah sakit tersebut.

Sejauh ini Korea Utara kerap berkeras negaranya belum terpapar virus corona. Direktur Anti Epidemi Markas Besar Darurat Anti Epidemi Korea Utara, Pak Myong Su, menegaskan bahwa berbagai upaya seperti menutup perbatasan negara dianggap berhasil menahan penyebaran virus corona.

"Sejauh ini tidak ada satu orang pun yang terinfeksi virus corona baru di negara kami," kata Pak sebagaimana dilansir dari AFP, Kamis (2/4).

Pembelot Korut Positif Terinfeksi Corona saat Dites di ChinaFoto: CNN Indonesia/Fajrian

"Kami telah melakukan tindakan pencegahan dan ilmiah seperti inspeksi dan karantina untuk semua personel yang memasuki negara kami dan sepenuhnya mendisinfeksi semua barang, serta menutup perbatasan dan memblokir jalur laut dan udara," ungkap menambahkan.

Klaim tersebut menuai keraguan dari banyak pihak, termasuk dari salah seorang dokter yang membelot dari Korut, Choi Jung-hun.

Choi mengatakan klaim Korut yang mengatakan negara itu terbebas dari virus corona adalah omong kosong. Ia mengatakan hal itu bukan pertama kali klaim pemerintahan Kim Jong-un mengklaim bebas dari sebuah wabah.

"Tahun demi tahun dan setiap musim, beragam penyakit menular berulang kali terjadi tapi Korut mengatakan tak ada wabah. Atas arahan Kim Jong-il dan Kim Jong-un, Korut terus mengatakan tak ada wabah. Korut tak mengakui itu," ujar Choi yang pergi dari Korut pada 2011.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa sistem kesehatan di negara tertutup itu sangat memprihatinkan. Berbagai fasilitas kesehatan di sana tidak terurus sehingga sulit untuk mendeteksi suatu penyakit, termasuk penyebaran virus corona.

[Gambas:Video CNN]

(evn)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 24, 2020 at 10:54AM
https://ift.tt/2x7zejW

Pembelot Korut Positif Terinfeksi Corona saat Dites di China - CNN Indonesia
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pembelot Korut Positif Terinfeksi Corona saat Dites di China - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.