Search

Trump Sebut Kabar Kritis Kim Jong-un Tidak Benar - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan laporan kondisi kesehatan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un sebagai informasi tidak benar.

Pernyataan tersebut disampaikan berselang dua hari setelah laporan intelijen AS menyebut Kim dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi jantung.

"Saya rasa laporan tersebut tidak benar, biarkan saya mengatakannya demikian. Saya dengar mereka (Korea Utara) menggunakan dokumen-dokumen lama (soal kondisi kesehatan Kim)," ujar Trump kepada media di Gedung Putih seperti mengutip dari AFP.


Ia menolak mengatakan jika memiliki informasi langsung dari pihak Korea Utara yang mengatakan bahwa Kim dalam kondisi baik-baik saja. Alih-alih mengatakan bahwa sumber informasi yang diperolehnya, ia justru mempertanyakan laporan media yang mengutip pihak intelijen terkait informasi tersebut.

"Saya pikir itu adalah laporan palsu," ujarnya menambahkan.

Sehari sebelumnya, Trump sempat mengutarakan jika Kim dalam kondisi baik-baik saja ketika ditanya pendapatnya soal kabar rivalnya itu.

[Gambas:Video CNN]

Kabar kondisi kesehatan Kim Jong-un yang dikabarkan kritis didapat dari pihak intelijen Amerika Serikat yang disebut mengetahui langsung informasi tersebut.

Informasi tersebut diperkuat dengan laporan Daily NK, media pembelot pemerintah Korea Utara yang mengatakan jika Kim dikabarkan baru menjalani operasi jantung pada 12 April lalu. Operasi yang dilakukannya disebut karena sejumlah faktor, seperti obesitas, kebiasaan merokok, dan 'terlalu banyak bekerja'.

"Kim telah mengalami peradangan pembuluh darah yang berimbas pada jantungnya sejak Agustus lalu. Kondisinya memburuk setelah ia kerap melakukan perjalanan naik dan turun Gunung Paektu baru-baru ini," ujar seorang sumber kepada Daily NK.

Trump Sebut Kabar Kritis Kim Jong-un Tidak BenarFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi

Kondisi kesehatan yang sempat memburuk disebut karena beberapa bulan terakhir ia melakukan perjalanan ke Gunung Paektu dan instalasi militer.

"Gunung Paektu memiliki tekanan atmosfer rendah, bukan lingkungan yang cocok untuk sering dikunjungi atau dihuni dalam waktu lama jika Anda memiliki masalah pada tekanan darah atau radang pembuluh darah," tambahnya.

Saat ini Kim dalam proses pemulihan dan dirawat di sebuah villa di Hyang San dekat Gunung Myohyang, Provinsi Pyongang Utara yang khusus digunakan oleh kalangan keluarga.

Kabar kondisi kesehatan Kim muncul setelah ia diketahui melewatkan perayaan ulang tahun pendiri Korea Utara sekaligus sang kakek, Kim II-Suk pada 15 April lalu. Absennya Kim memicu spekulasi terkait kondisinya.

Perayaan tersebut merupakan salah satu hari libur nasional paling penting di Korea Utara. Kabar keberadaan Kim Jon-un hari itu tidak terdengar sama sekali.

Kim Jong-un terakhir kali terlihat di publik sekitar 11 April lalu ketika memimpin sebuah rapat pemerintah. Saat itu, media pemerintah Korea Utara, KCNA, merilis sejumlah foto yang memperlihatkan Kim Jong-un tengah bertemu dengan sejumlah petinggi pemerintahannya. (AFP/evn)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 24, 2020 at 07:56AM
https://ift.tt/3atxy1K

Trump Sebut Kabar Kritis Kim Jong-un Tidak Benar - CNN Indonesia
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Sebut Kabar Kritis Kim Jong-un Tidak Benar - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.