Search

Dikabarkan Sakit, Pemerintah Cina Temui Kim Jong Un - Dunia Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Cina mengirim tim khusus ke Korea Utara untuk menemui Kim Jong Un usai yang bersangkutan dirumorkan sakit. Cina mengirimkan berbagai figur mulai dari pakar medis hingga pejabat Partai Komunis Cina.

Dikutip dari Reuters, Cina mengirimkan tim tersebut pada hari Kamis lalu. Tim dipimpin langsung oleh figur senior di Partai Komunis Cina yang menangani hubungan internasional.

"Delegasi yang dipimpin oleh figur senior dari Departemen Hubungan Internasional tersebut berangkat dari Beijing pada hari Kamis lalu. Mereka adalah departemen yang berurusan langsung dengan Korea Utara," ujar sumber yang dikutip dari kantor berita Reuters, Sabtu, 25 April 2020.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui secara pasti apa saja misi Cina ke Korea Utara. Departemen Hubungan Internasional di Partai Komunis Cina belum bisa dimintai komentar. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Cina belum memberikan respon atas pertanyaan yang diajukan.

Sebagai gambaran hubungan keduanya, Cina adalah sekutu utama Korea Utara. Dalam hal perekonomian dan diplomasi, Cina banyak membantu Korea Utara untuk bertahan mengingat yang bersangkutan mendapatkan sanksi dari PBB.

Tahun lalu, Presiden Cina Xi Jinping berkunjung ke Korea Utara yang menjadi kunjungan pertama pemimpin Cina dalam 14 tahun. Kedatangannya untuk menjaga hubungan baik antara Cina dan Korea Utara. 

Sementara itu, Kim Jong Un sendiri sudah beberapa kali mengunjungi Cina. Kurang lebih, sudah empat kali ia datang ke negeri tirai bambu tersebut. 

Di sisi lain, Amerika juga berupaya menjalin hubungan positif dengan Korea Utara. Pada tahun 2018 dan 2019, Presiden Donald Trump bahkan membujuk Kim untuk menghentikan program pengayaan senjata nuklirnya. Adapun ketika Kim dikabarkan sakit, pemerintah Amerika memastikan bahwa mereka terus memantau situasi di Korea Utara.

Sejauh ini, kabar Kim Jong Un sakit telah dibantah ataupun diragukan oleh sejumlah pihak. Di surat kabar Korea Selatan, Daily NK misalnya, pejabat setempat menyatakan bahwa Kim sedang dalam masa penyembuhan usai operasi kardiovaskular pada pertengahan April lalu. Malah, kemarin, beredar kabar bahwa Kim sudah kembali bertugas, mengecek proyek di Wonsan. 

ISTMAN MP | REUTERS

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 25, 2020 at 11:15AM
https://ift.tt/2Y3QJfV

Dikabarkan Sakit, Pemerintah Cina Temui Kim Jong Un - Dunia Tempo.co
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dikabarkan Sakit, Pemerintah Cina Temui Kim Jong Un - Dunia Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.