Search

Lambatnya Respon Trump Menyebabkan Virus Corona di AS Melonjak - Dunia Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Kurangnya respons Presiden Donald Trump terhadap ancaman virus Corona menyebabkan kegagalan Amerika Serikat membendung lonjakan kasus virus Corona.

Donald Trump telah diberi arahan oleh lembaga-lembaga terkait terkait ancaman virus, bahkan berbulan-bulan sebelum virus Corona menyebar keluar Cina.

Dalam laporan 11 April 2020, New York mengungkap bagaimana penasihat medis senior memberi saran tentang ancaman wabah virus Corona awal.

"Apapun cara Anda memotongnya, ini akan menjadi buruk," kata seorang penasihat medis senior di Departemen Urusan Veteran, Dr. Carter Mecher, menulis pada malam 28 Januari, dalam email ke sekelompok ahli kesehatan masyarakat tersebar di lingkaran pemerintah dan universitas. "Ukuran wabah yang diproyeksikan tampaknya sudah sulit dipercaya."

Seminggu setelah kasus virus Corona pertama telah diidentifikasi di Amerika Serikat, dan enam minggu sebelum Presiden Trump akhirnya mengambil tindakan agresif untuk menghadapi bahaya yang dihadapi Amerika, sebuah pandemi yang diperkirakan akan merenggut puluhan ribu nyawa orang Amerika, Dr. Mecher mendesak jajaran atas birokrasi kesehatan masyarakat AS untuk bangun dan bersiap menghadapi kemungkinan tindakan yang jauh lebih drastis.

"Kalian mengolok-olok saya berteriak untuk menutup sekolah," tulisnya kepada kelompok itu, yang menyebut dirinya "Red Dawn," lelucon dalam yang didasarkan pada film 1984 tentang sekelompok orang Amerika yang mencoba menyelamatkan negara setelah invasi asing . "Sekarang saya berteriak, tutup kampus dan universitas."

Mecher tidak sendirian. Sepanjang Januari, ketika Trump berulang kali menyepelekan virus dan berfokus pada masalah-masalah lain, sejumlah tokoh di dalam pemerintahannya mulai dari penasihat Gedung Putih terkemuka hingga para ahli di departemen kabinet dan agen intelijen, telah mengidentifikasi ancaman dan memperingatkan perlunya tindakan agresif.

Namun, Donald Trump lambat untuk menerima skala risiko dan bertindak berdasarkan ukuran melindungi keuntungan dalam ekonomi dan menepis peringatan dari para pejabat senior, menurut laporan New York Times.

Laporan The Times juga mengatakan bagaimana keputusan membatasi perjalanan dari Cina adalah berdasarkan kepentingan ekonomi dibanding kesehatan masyarakat.

Pengambilan keputusan juga diperumit oleh perselisihan yang berlangsung lama di dalam pemerintahan mengenai bagaimana menangani Cina.

Presiden AS Donald Trump berbicara tentang upaya pemerintah untuk memerangi virus Corona (COVID-19) selama briefing dengan wartawan di Gedung Putih di Washington, AS, 16 Maret 2020. [REUTERS / Leah Millis]

Trump juga bermain dengan transparansi tentang perkembangan virus Corona melalui upaya hariannya untuk mendominasi layar televisi dan percakapan nasional.

Tetapi puluhan wawancara dengan pejabat saat ini dan sebelumnya dan tinjauan terhadap email dan catatan lain, mengungkapkan banyak detail yang sebelumnya tidak dilaporkan dan gambaran yang lebih lengkap tentang akar dan seberapa serius tanggapan Trump terhadap virus.

Kantor Dewan Keamanan Nasional yang bertanggung jawab untuk melacak pandemi menerima laporan intelijen pada awal Januari yang memprediksi penyebaran virus ke Amerika Serikat, dan dalam beberapa minggu meningkatkan imbauan seperti menjaga orang Amerika tetap di rumah dari pekerjaan dan menutup kota seukuran Chicago. Namun, Trump menghindari langkah-langkah seperti itu sampai Maret.

Beberapa minggu kemudian, Trump diberitahu pada saat itu tentang memo 29 Januari yang disusun oleh penasihat perdagangannya, Peter Navarro, yang menguraikan secara mendetail potensi risiko pandemi virus Corona, yakni sebanyak setengah juta kematian dan kerugian ekonom hingga triliunan dolar AS.

Menteri layanan kesehatan dan manusia, Alex M. Azar II, secara langsung memperingatkan Trump tentang kemungkinan pandemi selama panggilan telepon pada 30 Januari, peringatan kedua yang ia sampaikan kepada presiden tentang virus dalam dua minggu. Presiden, yang berada di Air Force One saat bepergian untuk berkunjung di Midwest, menjawab bahwa Azar sedang khawatir.

Azar secara terbuka mengumumkan pada bulan Februari bahwa pemerintah sedang membangun sistem "pengawasan" di lima kota di Amerika untuk mengukur penyebaran virus dan memungkinkan para ahli memproyeksikan titik-titik panas berikutnya. Namun, langkah itu tertunda selama berminggu-minggu. Keterlambatan rencana itu membuat para pejabat pemerintah hampir tidak memiliki wawasan tentang seberapa cepat virus menyebar. "Kami menerbangkan pesawat tanpa instrumen," kata seorang pejabat mengatakan kepada The Times.

Pada minggu ketiga bulan Februari, para ahli kesehatan masyarakat pemerintahan menyimpulkan mereka harus merekomendasikan kepada Trump pendekatan baru yang akan mencakup memperingatkan orang-orang Amerika tentang risiko, dan langkah-langkah mendesak seperti jarak sosial dan kerja dari rumah. Tetapi Gedung Putih dan Trump baru melakukannya berminggu-minggu setelahnya ketika virus menyebar sebagian besar tanpa hambatan.

Ketika Trump akhirnya setuju pada pertengahan Maret untuk merekomendasikan jarak sosial di seluruh Amerika, yang secara efektif membuat banyak perekonomian terhenti, ia memgeluh ke beberapa rekan terdekatnya. Sumber menggambarkan dia sebagai bingung dengan bagaimana krisis telah terjadi. Ekonomi yang dia perjuangkan setelah menjadi presiden tiba-tiba berantakan.

Sekutu Trump dan beberapa pejabat pemerintahan mengatakan menyalahkan Trump atas ketidaksiapan virus adalah tidak adil. Pemerintah Cina menyesatkan pemerintah lain, kata mereka. Dan mereka bersikeras bahwa presiden tidak mendapatkan informasi yang tepat, atau orang-orang di sekitarnya tidak menyampaikan urgensi ancaman. Dalam beberapa kasus, mereka berpendapat, pejabat khusus yang ia dengar telah didiskreditkan di matanya, tetapi begitu informasi yang benar sampai kepadanya melalui saluran lain, ia membuat keputusan yang tepat.

"Sementara media dan Demokrat menolak untuk secara serius mengakui virus ini pada Januari dan Februari, Presiden Trump mengambil tindakan berani untuk melindungi orang Amerika dan melepaskan kekuatan penuh pemerintah federal untuk mengekang penyebaran virus, memperluas kapasitas pengujian dan mempercepat pengembangan vaksin bahkan ketika kami tidak memiliki gagasan sebenarnya tentang tingkat penularan atau penyebaran tanpa gejala," kata Judd Deere, juru bicara Gedung Putih.

Pada Ahad, 12 April 2020, data dari John Hopkins University mencatat Amerika Serikat sebagai negara dengan kasus infeksi dan kematian virus Corona tertinggi di dunia yang dikonfirmasi.

Setidaknya ada 530.006 kasus virus Corona di AS, dan setidaknya 20.608 orang telah meninggal di AS akibat virus Corona. Angka ini mencakup total seluruh 50 negara bagian, Distrik Columbia dan wilayah AS lainnya, serta semua kasus yang direpatriasi.

Negara bagian Wyoming adalah satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang tidak melaporkan kematian akibat virus Corona.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terbaru - Google Berita
April 12, 2020 at 06:00PM
https://ift.tt/2V1YFwt

Lambatnya Respon Trump Menyebabkan Virus Corona di AS Melonjak - Dunia Tempo.co
Dunia - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lambatnya Respon Trump Menyebabkan Virus Corona di AS Melonjak - Dunia Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.