Search

Kecam Berita WSJ soal Uighur, RRC: Fitnah untuk Adu Domba China-RI - detikNews

Jakarta - Pihak Republik Rakyat China (RRC) menepis tudingan bahwa mereka membayar ormas Islam agar tidak mengkritik soal kondisi muslim Uighur di Xinjiang. RRC menyatakan konstitusi negara mereka memberi jaminan kebebasan agama dan kesetaraaan tiap warga negara.

"Tiongkok merupakan negara multietnik dan multiagama. Undang-undang Dasar maupun hukum Tiongkok memberikan perlindungan seutuhnya untuk menjamin kesetaraan antar-etnik, kebebasan beragama dan kepercayaan, serta hak asasi manusia (HAM)," demikian keterangan yang disampaikan Kedutaan Besar (Kedubes) RRC di situs resmi mereka seperti dilihat, Kamis (19/12/2019).

Dia mengatakan pemerintah RRC menjamin hak dasar dan untuk berkembang 25 juta warga Xinjiang dari berbagai etnik. Namun dalam kurun 1990-2016 terjadi ribuan kasus kekerasan dan terorisme di Xinjiang.


Kasus tersebut melibatkan serangan bahkan pembunuhan terhadap banyak warga tidak berdosa, termasuk warga Muslim Uighur dan pemuka agama. Sehingga Pemerintah Daerah Otonom Xinjiang mengambil serangkaian tindakan hukum untuk memberantas kekerasan, terorisme, dan melakukan program deradikalisasi. RRC mengklaim langkah tersebut berhasil.

"Dalam tiga tahun terakhir, tidak satu pun kasus serangan terorisme yang terjadi di Xinjiang. Isu yang berhubungan dengan Xinjiang pada dasarnya bukan isu HAM, etnik, ataupun agama, melainkan masalah pemberantasan separatisme dan terorisme," kara dia.

Pihak RRC menduga sejumlah media Barat berupaya mencemarkan program antiteror dan deradikalisasi di Xinjiang. Mereka menduga pemberitaan tersebut sebagai fitnah untuk meretakkan hubungan antara RRC dengan dunia muslim.

Tonton Blak-blakan Dubes RRC: China Sahabat Sejati Dunia Islam:


Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 19, 2019 at 05:57AM
https://ift.tt/2Z471nF

Kecam Berita WSJ soal Uighur, RRC: Fitnah untuk Adu Domba China-RI - detikNews
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kecam Berita WSJ soal Uighur, RRC: Fitnah untuk Adu Domba China-RI - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.