Search

BMKG Ingatkan yang Pesta Malam Tahun Baru di Pinggir Pantai - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menyampaikan prediksi cuaca di malam tahun baru 2020.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan terjadi badai angin topan Phanfone di sekitar perbatasan utara Indonesia yang dekat dengan Filipina. Meski begitu, badai tersebut diperkirakan tidak akan mengganggu malam perayaan tahun baru 2020.

"Badai angin topan Phanfone masih berlangsung. Pusat badai terus bergerak selama 3 sampai 4 hari ke depan menuju arah barat atau barat laut," kata Prabowo dalam jumpa pers Refleksi 2019 dan Kesiapsiagaan BMKG Tahun 2020 di Jakarta, Jumat, 27 Desember 2019.

Badai angin topan Phanfone ini telah mengobrak-abrik sebagian wilayah Filipina saat Natal. Angin kencang dan hujan deras merusak rumah, memutus aliran listrik, dan mengganggu libur akhir tahun masyarakat dan wisatawan yang datang ke Filipina.

Sebuah Pohon Natal rusak akibat terjangan Topan Phanfone di Tanauan, Leyte, Filipina, 25 Desember 2019. Topan Phanfone menerjang kawasan tengah Filipina sejak Selasa (24/12) saat umat Kristiani bersiap merayakan Natal. Paul Cinco/via REUTERS

Kendati badai angin topan diperkirakan tak sampai ke Indonesia, imbasnya masih akan terasa, terutama pada wilayah perairan. Gelombang perairan Indonesia bakal kian tinggi di kisaran 2 hingga 4 meter, terutama di Laut Natuna, Tarempa, dan Selat Karimata.

Sebab itu, Prabowo mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap gelombang tinggi, terutama bagi yang merayakan pesta malam tahun baru di tepi pantai. Prediksi hujan deras di sejumlah kawasan wisata juga perlu diantisipasi.

Prabowo menyarankan masyarakat yang ingin beraktivitas di luar ruangan memilih waktu di pagi sampai siang hari. Pada sore hingga malam diperkirakan hujan akan turun dengan intensitas sedang sampai tinggi.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 28, 2019 at 07:11AM
https://ift.tt/39huvdE

BMKG Ingatkan yang Pesta Malam Tahun Baru di Pinggir Pantai - Tempo.co
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BMKG Ingatkan yang Pesta Malam Tahun Baru di Pinggir Pantai - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.