Search

Suap mantan Dirut Garuda Indonesia digunakan untuk beli apartemen di Singapura - Kontan

Sumber: TribunNews.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa mantan Direktur Utama (Dirut) PT Mugi Rekso Abadi (MRA), Soetikno Soedarjo melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). TPPU itu dilakukan untuk menyembunyikan hasil tindak pidana korupsi.

JPU pada KPK Lie Putra Setiawan, mengungkapkan uang hasil dugaan tindak pidana korupsi Soetikno dan Emirsyah disamarkan dengan cara dititipkan ke rekening Woodlake International di USB sebesar 1.458.364 dolar Amerika Serikat.

Baca Juga: Soetikno Soedarjo didakwa suap Emirsyah Satar dalam bentuk rupiah dan mata uang asing

Selain itu, mereka menggunakan hasil korupsi untuk melunasi utang kredit di UOB Indonesia dan apartemen di Melbourne, Australia.

Lalu, menyamarkan hasil korupsi dengan mengalihkan kepemilikan satu apartemen di 48 Marine Road Parade Road Singapura kepada Innospace Invesment Holding.

"Terdakwa telah melakukan atau turut serta melakukan beberapa perbuatan yang harus dipandang sebagai perbuatan yang berdiri sendiri sehingga merupakan beberapa kejahatan yang diancam pidana pokok sejenis berupa menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga, atas harta kekayaan," kata Lie saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (26/12).

Baca Juga: Garuda Indonesia sediakan 30.630 kursi tambahan

Atas perbuatan itu, Soetikno didakwa melanggar Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 dan Pasal 65 ayat (1) KUHP. (Glery Lazuardi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Suap Eks Dirut Garuda Indonesia Dipergunakan Beli Apartemen di Singapura"




Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 26, 2019 at 03:11PM
https://ift.tt/377R0jl

Suap mantan Dirut Garuda Indonesia digunakan untuk beli apartemen di Singapura - Kontan
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suap mantan Dirut Garuda Indonesia digunakan untuk beli apartemen di Singapura - Kontan"

Post a Comment

Powered by Blogger.