Search

Protes UU Kewarganegaraan Berlanjut di India, Korban Tewas Jadi 9 Orang - detikNews

New Delhi - Bentrokan terbaru pecah antara demonstran India dengan polisi yang mengawal unjuk rasa memprotes Undang-undang (UU) Kewarganegaraan yang dipandang anti-muslim. Korban tewas dalam unjuk rasa ini bertambah menjadi 9 orang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (20/12/2019), amandemen terbaru untuk UU ini diloloskan parlemen India pekan lalu. Dalam amandemen terbaru, otoritas India diperbolehkan mengabulkan status kewarganegaraan bagi jutaan imigran ilegal yang masuk ke India dari tiga negara lainnya -- Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan -- pada atau sebelum 31 Desember 2014.

Namun aturan itu tidak berlaku bagi imigran ilegal yang muslim. Undang-undang ini tidak hanya memicu kekhawatiran di kalangan warga muslim, namun juga bagi warga setempat yang mengkhawatirkan 'serbuan' imigran Hindu dari Bangladesh yang selama ini dianggap penyusup asing.


Dalam bentrokan terbaru yang pecah pada Kamis (19/12) waktu setempat, sedikitnya tiga demonstran ditembak mati oleh polisi India. Ini berarti sejak sepekan terakhir, sedikitnya 9 orang tewas dalam unjuk rasa yang memberikan tantangan besar bagi Perdana Menteri (PM) Narendra Modi ini.

PM Modi telah membantah tuduhan yang menyebut bahwa amandemen UU Kewarganegaraan (CAB) itu bertujuan untuk membentuk kembali India sebagai negara Hindu. Diketahui bahwa meskipun mayoritas warga India menganut Hindu, India juga menjadi rumah bagi 200 juta warga muslim.

Puluhan ribu warga turun ke jalanan di berbagai wilayah India pada Kamis (19/12) waktu setempat. Bentrokan pun pecah dalam aksi protes di beberapa wilayah, termasuk Lucknow di wilayah utara, Mangalore di wilayah selatan dan Gujarat.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 20, 2019 at 03:52PM
https://ift.tt/36V838g

Protes UU Kewarganegaraan Berlanjut di India, Korban Tewas Jadi 9 Orang - detikNews
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Protes UU Kewarganegaraan Berlanjut di India, Korban Tewas Jadi 9 Orang - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.