Search

AS-China Fase Satu Akhirnya Deal, Win-win Solution? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kesepakatan perdagangan fase pertama antara Amerika Serikat (AS) dan China akhirnya terealisasi. Padahal, pasar sebelumnya dag-dig-dug karena Presiden AS Donald Trump tak kunjung memberikan kata pamungkas.

Namun kali ini cuitan Trump di Twitter pribadinya melegakan pelaku pasar keuangan dunia yang 'H2C' menunggu tenggat waktu 15 Desember hari ini. Menjelang tengah malam, tepatnya pada 10.25 WIB, 14 Desember kemarin, Trump mencuit bahwa kesepakatan besar untuk fase pertama sudah tercapai dengan China.

"Mereka setuju terhadap banyak perubahan struktural dan pembelian produk pertanian, produk energi dan manufaktur yang masif, serta masih banyak lagi," ujarnya.

Dia melanjutkan bahwa tarif impor 25% yang sudah berlaku akan tetap berlaku, tetapi tarif penalti yang dijadwalkan berlaku pada 15 Desember tidak akan diberlakukan karena kesepakatan sudah terjadi.


Berita ini pun sempat membawa bursa Wall Street di AS heboh dan menghijau begitu informasi merebak, meskipun akhirnya mereda hingga sempat terkoreksi tetapi kemudian kembali menguat tipis penutupan pasar.

Data perdagangan mencatat, Indeks Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 sama-sama merangkak naik dengan kenaikan 0,01%. Dow Jones naik hingga 28.135, sedangkan S&P 500 naik ke 3.168. Adapun Nasdaq naik 0,20% di level 8.734,88

Reuters melaporkan bahwa Beijing setuju menambah pembelian hasil pertanian AS senilai US$ 32 miliar dalam 2 tahun ke depan, berdasarkan keterangan Robert Emmet Lighthizer, wali dagang pemerintahan AS.

Menurut dia, China setuju membeli produk pertanian Negeri Paman Sam senilai US$ 16 miliar per tahun untuk 2 tahun ke depan. Angka itu dihitung dari hitungan dasar US$ 24 miliar barang-barang yang sudah dibeli China pada 2017, sebelum perang dagang mengemuka. Selain itu, penandatanganan kesepakatan diprediksi akan dilakukan pada pekan pertama tahun depan oleh negosiator utama.

Apa kata pengusaha soal deal ini?

[Gambas:Video CNBC]


Menanggapi perkembangan deal fase pertama ini, pejabat China yaitu Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen dan Komisi Nasional Reformasi dan Pengembangan Ning Jizhe balas menyatakan akan mengimpor lebih banyak gandum, jagung, dan beras dari AS setelah kesepakatan.

Namun, detailnya belum dijelaskan dan akan diumumkan segera mengingat dokumen perjanjian masih dalam kajian kedua pihak.

Selama ini, Negeri Tirai Bambu bukanlah pembeli utama ketiga produk pertanian AS tersebut. China masih menjadi pembeli terbesar kelima untuk jagung AS pada medio 2011-2014, tetapi sejak itu sudah tidak lagi.

Kepada wartawan, Trump menyatakan masih memiliki tarif impor yang cukup besar dan dapat dimanfaatkan untuk fase kedua perundingan.

"Kita akan menggunakannya [tarif impor] untuk negosiasi selanjutnya di fase kedua."

TIM RISET CNBC INDONESIA


(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 15, 2019 at 06:05AM
https://ift.tt/2PlTSD1

AS-China Fase Satu Akhirnya Deal, Win-win Solution? - CNBC Indonesia
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS-China Fase Satu Akhirnya Deal, Win-win Solution? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.