Search

Duh! Pemerintahan Trump Terancam Shutdown, Ini Alasannya - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bukan cuma pemakzulan Presiden Donald Trump yang heboh di Amerika Serikat (AS), kemungkinan stop operasi alias shutdown pemerintahan Trump juga jadi masalah di negara adidaya ini.

Anggaran pemerintah Trump diperkirakan akan habis Sabtu (21/12/2018). Di tahun fiskal 2019, pemerintah AS mencatat defisit keuangan yang sangat besar, paling besar selama tujuh tahun terakhir.

Kenaikan penerimaan pajak ternyata tidak diimbangi oleh pengeluaran. Di mana, pengeluaran AS lebih tinggi dan pembayaran utang pun meningkat.

Defisit anggaran AS naik menjadi US$ 984 miliar atau setara dengan 4,6% PDB. Sebelumnya, defisit AS mencapai US$ 779 miliar atau setara dengan 3,8% PDB.


Total defisit naik 4% ke US$ 3,5 triliun tapi pengeluaran meningkat 8,2% menjadi US$ 4,4 triliun.
Karenanya kini Senat AS, yang didominasi partai Republik pendukung Trump, tengah berupaya menyelamatkan pemerintahan agar layanan tak berhenti. Kamis (19/12/2019), Senat mengeluarkan dua rancangan UU (RUU) untuk mencegah shutdown terjadi.

Inti dari keduanya adalah menambah anggaran pemerintah federal sekitar US$ 1,4 triliun. "Senat sudah menyetujui anggaran tersebut," tulis CNBC International.

"Presiden (Donald Trump) perlu untuk menandatangani di Jumat (20/12/2019) ini, agar semua departemen bisa tetap beroperasi sebagaimana mestinya."

Penambahan anggaran US$ 1,4 triliun akan salurkan ke militer dan program-program domestik. Termasuk dipakai guna menghapus UU layanan kesehatan federal yang dikenal dengan nama Affordable Care Act (ACA) dan revisi aturan umur pembeli tembakau menjadi 21 tahun.

Sebenarnya dalam masa pemerintahan Trump, telah terjadi government shutdown beberapa kali. Periode terlama dari penutupan pemerintahan di AS adalah pada Desember 2018 hingga Januari 2019, yang berlangsung selama 35 hari.

Pada masa itu, sebagian kegiatan pemerintahan di AS dihentikan dan ratusan ribu pegawai negerinya terpaksa diliburkan tanpa digaji. Defisit juga pernah mencapai puncaknya pada pemerintahan Presiden Barrack Obama tahun 2009.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 20, 2019 at 10:19AM
https://ift.tt/2sHRRse

Duh! Pemerintahan Trump Terancam Shutdown, Ini Alasannya - CNBC Indonesia
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh! Pemerintahan Trump Terancam Shutdown, Ini Alasannya - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.