Search

Perusahaan Sial Menahun, CEO Boeing Akhirnya Dipecat - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan Penerbangan Amerika Serikat (AS) Boeing memecat CEO Dennis Muilenburg. Ia dianggap bertanggung jawab pada kecelakaan fatal yang menyebabkan terhentinya produksi jet terlaris tersebut.

"Dewan direksi memutuskan bahwa perubahan dalam kepemimpinan diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan (publik)," kata Boeing dalam sebuah pernyataan. Seorang pejabat Boeing mengatakan dewan telah berunding dan memutuskan untuk menggulingkan Muilenburg, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (24/12/2019).


Muilenburg telah mengakui kesalahannya karena gagal memberi pilot informasi lebih lanjut tentang sistem pencegahan kios sebelum kecelakaan. Karena memerlukan berbulan-bulan untuk memberi tahu pilot tentang ketidakcocokan data penerbangan.

"Kami membuat kesalahan dan kami melakukan beberapa kesalahan. Kami membaik dan kami belajar," katanya kepada anggota parlemen pada Oktober lalu.

Kepergian Muilenburg sejalan dengan kemunduran dramatis bagi Boeing, yang bersaing dengan Airbus Eropa untuk kepemimpinan industri jet senilai US$ 150 miliar.

Seperti diketahui, Boeing 737 Max telah dilarang terbang sejak Maret setelah dua kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia yang menewaskan 346 orang dalam kurun waktu lima bulan.


Atas kejadian tersebut, Boeing berjuang memperbaiki hubungan dengan AS dan regulator internasional yang perlu dimenangkan untuk membuat jet kembali terbang.

Setelah menjaga jalur dan menyimpan 400 pesawat agar siap untuk kembali terbang, Boeing mengaku bahwa ia tidak dapat mencapai target terbang tahun ini, dan mengumumkan akan menghentikan produksi 737 Max pada Januari.

Pemecatannya mendapat dukungan dari Peter DeFazio, ketua komite transportasi DPR AS.

Berdasarkan pengajuan sekuritas Boeing, Muilenburg mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan pesangon sebesar US$ 39 juta. Namun Boeing menolak berkomentar soal angka itu, apakah dia akan menerimanya atau tidak.

Posisi tersebut nantinya akan digantikan oleh David Calhoun, mantan eksekutif General Electric yang berada di dewan Boeing sejak 2009, tepatnya akan mengambil alih sebagai CEO dan presiden, efektif mulai 13 Januari, kata Boeing.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 24, 2019 at 08:40AM
https://ift.tt/2ELG8eH

Perusahaan Sial Menahun, CEO Boeing Akhirnya Dipecat - CNBC Indonesia
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perusahaan Sial Menahun, CEO Boeing Akhirnya Dipecat - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.