Search

Demo UU Kewarganegaran Memanas di India, 17 Tewas - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga orang tewas dalam bentrokan antara demonstran dan polisi di utara India pada Sabtu (21/12), sehingga jumlah korban tewas secara nasional dalam protes terhadap undang-undang kewarganegaraan baru bertambah menjadi 17.

O.P. Singh, kepala polisi di negara bagian Uttar Pradesh, mengatakan kematian terakhir telah menambah jumlah korban tewas di negara bagian itu menjadi sembilan.

"Jumlah korban tewas bisa bertambah," kata Singh.

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kasus tewasnya korban yang terbaru.

Polisi mengatakan bahwa lebih dari 600 orang di negara bagian itu telah ditahan sejak Jumat (20/12) sebagai bagian dari "tindakan pencegahan."

Para pengunjuk rasa marah oleh undang-undang baru yang memungkinkan warga imigran penganut Hindu, Kristen, dan minoritas agama lain yang bisa menjadi warga negara India, jika mereka dapat menunjukkan bahwa mereka dianiaya karena agama mereka di Bangladesh, Pakistan, dan Afghanistan yang mayoritas penduduknya Muslim.

Namun undang-undang tidak berlaku untuk Muslim.

Para kritikus mengecamnya sebagai pelanggaran terhadap konstitusi sekuler negara itu, dan menyebutnya sebagai upaya terbaru oleh pemerintah nasionalis Hindu pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi untuk memarginalkan 200 juta Muslim di India.

Modi telah angkat bicara dan mengatakan kalau UU tersebut merupakan isyarat kemanusiaan.

Pengunjuk rasa khawatir para imigran akan pindah ke wilayah perbatasan dan undang-undang yang baru itu akan mengubah ribuan imigran ilegal menjadi penduduk sah.

Mereka khawatir imigran dari Bangladesh akan mengambil alih profesi warga lokal.

Menteri Dalam Negeri Amit Shah pada Minggu (15/12) menyerukan massa untuk tetap tenang. Dia menyatakan bahwa UU itu tidak akan mengancam warga lokal.

"Budaya, bahasa, identitas sosial, dan hak-hak politik saudara-saudari kita dari timur laut akan tetap utuh," kata Shah pada rapat umum di negara bagian Jharkhand timur, seperti dilaporkan jaringan televisi News18 dikutip dari AFP.

Kelompok hak asasi dan partai politik Muslim berencana menggugat undang-undang itu ke Mahkamah Agung karena bertentangan dengan prinsip kesetaraan dan sekularisme yang ada dalam konstitusi India.

[Gambas:Video CNN]

(AP/ard)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 21, 2019 at 08:04PM
https://ift.tt/2riwflR

Demo UU Kewarganegaran Memanas di India, 17 Tewas - CNN Indonesia
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Demo UU Kewarganegaran Memanas di India, 17 Tewas - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.