Search

Hari Ini Bergerak Biasa Saja, Emas Berpeluang Meledak Besok - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas global tidak banyak bergerak pada Kamis (5/12/2019), hanya bergerak di rentang US$ 1.478,60 - 1.478,60/troy ons di perdagangan sesi Amerika Serikat (AS).

Rentang yang sempit itu membuat pergerakan emas menjadi tidak menarik, pada pukul 21:10 WIB, emas US$ 1.474,66/troy ons, nyaris stagnan dibandingkan penutupan perdagangan Rabu kemarin, melansir data Refinitiv. Kesepakatan dagang AS-China yang belum jelas kapan akan dilakukan menjadi penyebab tak menariknya pergerakan emas hari ini.

Pada Rabu kemarin, harga emas melesat hingga ke level US$ 1.484/troy ons akibat kesepakatan dagang yang diprediksi mundur hingga tahun depan. Hal tersebut terjadi setelah meredupnya harapan akan adanya kesepakatan dagang AS-China dalam waktu dekat.

Presiden Trump dalam sebuah wawancara saat menghadiri pertemuan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) di London menyatakan sebaiknya kesepakatan dagang dengan China dilakukan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) AS 2020.

Pemilu AS akan diadakan pada November tahun depan, sehingga pelaku pasar melihat kemungkinan perang dagang akan berlangsung lama, perekonomian global berisiko semakin melambat. Dampaknya emas yang menyandang status aset aman (safe haven) kembali menjadi target investasi, harganya pun melesat.

"Dalam beberapa hal, saya menyukai gagasan menunda kesepakatan dengan China sampai Pemilu selesai, tapi mereka ingin membuat kesepakatan sekarang dan kita akan melihat apakah kesepakatan itu akan benar terjadi," kata Trump, sebagaimana dilansir CNBC International.

Namun, kabar terbaru kedua negara kini sudah dekat dengan kesepakatan dagang. Bloomberg mengutip sumber yang mengetahui perundingan dagang kedua negara mengabarkan jika AS dan China sedikit lagi mencapai kata sepakat untuk membatalkan sebagian bea masuk dalam kesepakatan dagang fase satu.

Sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu menjelaskan bahwa perkataan Presiden Donald Trump kemarin bukan berarti perundingan dagang buntu, karena dia hanya berbicara spontan. Sumber tersebut juga menambahkan para negosiator dari AS memperkirakan kesepakatan dengan China akan tercapai sebelum tanggal 15 Desember.

Berita dari Bloomberg dikuatkan oleh pernyataan terbaru Presiden Trump yang berbeda dengan sebelumnya. "Diskusi (dagang dengan China) berjalan sangat baik dan kita lihat apa yang akan terjadi," kata Trump kepada jurnalis di sela-sela pertemuan NATO di Inggris, seperti diberitakan Reuters.

Berbedanya pernyataan yang dilontarkan Presiden Trump membuat pasar bingung, dan lebih memilih wait and see, sehingga harga emas tidak banyak bergerak.

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 05, 2019 at 10:29PM
https://ift.tt/2OWXA69

Hari Ini Bergerak Biasa Saja, Emas Berpeluang Meledak Besok - CNBC Indonesia
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Ini Bergerak Biasa Saja, Emas Berpeluang Meledak Besok - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.