Search

NATO Mulai Khawatir Dengan Ekspansi Militer China - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Kebangkitan kekuatan militer China nampaknya membuat Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) ketar-ketir. Sekretaris Jenderal NATO, Jen Stoltenberg, bahkan menyatakan hal itu bakal berdampak terhadap keamanan kawasan Asia terkait sengketa di Laut China Selatan.

"Kami sudah memantau kekuatan China dan dampaknya terhadap seluruh sekutu. China adalah negara dengan anggaran pertahanan kedua terbesar di dunia. Mereka saat ini memperlihatkan kekuatannya dan membangun persenjataan seperti rudal jarak jauh yang bisa mencapai Eropa dan Amerika Serikat," kata Stoltenberg dalam jumpa pers di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi NATO di London, Inggris, seperti dilansir AFP, Rabu (4/12).

Stoltenberg menyatakan anggota NATO harus menanggapi masalah ini dengan serius. Dalam KTT itu, NATO juga dilaporkan akan merumuskan bagaimana sikap mereka untuk mendekati China dengan dalih melindungi kepentingan dunia.

KTT NATO seharusnya hanya membahas masalah berkaitan dengan Eropa dan Amerika. Namun, China dimasukkan ke dalam pembahasan karena NATO menganggap pengaruh negara itu semakin kuat.

"Ini bukan dimaksudkan memindahkan NATO ke Laut China Selatan tetapi untuk mengingatkan bahwa pengaruh China semakin mendekat ke Arktik, Afrika bahkan mereka menanamkan modal dalam infrastruktur di Eropa, terutama dalam bidang siber," ujar Stoltenberg.

Stoltenberg menekankan NATO tidak akan berusaha berhadapan dengan China, tetapi lebih memilih menganalisa dan memahami perilaku untuk mengimbangi manuver Negeri Tirai Bambu.

[Gambas:Video CNN]

China saat ini memang sedang menggenjot produksi alat utama sistem persenjataan mereka. Mulai dari matra darat, laut dan udara.

Mereka membangun kendaraan lapis baja, kapal perang, kapal induk, kapal selam, rudal jelajah, sampai pesawat tempur siluman.

China juga menyulap gugus pulau di Laut China Selatan menjadi pangkalan militer dengan cara reklamasi. Hal itu membuat militer mereka menjelajah di kawasan yang menjadi salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Di sisi lain, ekspansi militer China bersinggungan dengan negara lain yang juga sama-sama mengklaim mempunyai kedaulatan di Laut China Selatan. Antara lain Filipina, Indonesia, Malaysia, Taiwan dan Vietnam. (ayp/ayp)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 04, 2019 at 08:27PM
https://ift.tt/2LniI3c

NATO Mulai Khawatir Dengan Ekspansi Militer China - CNN Indonesia
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NATO Mulai Khawatir Dengan Ekspansi Militer China - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.