Search

Perang Dagang AS-China Adem, Trump: AS Punya Amunisi Fase II - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan hubungan antara Amerika Serikat (AS) dengan China menjelang penutupan tahun 2019 terus membaik, kedua belah pihak saling berkomentar positif meski perjanjian fase pertama belum ditandatangani.

Trump dalam cuitannya pada hari Rabu (13/12/2019) malam mengatakan bahwa pihaknya telah membuat kesepakatan besar seiring dengan tercapai perjanjian dagang fase pertama dengan China.

Presiden As tersebut melanjutkan dengan mengatakan bahwa tarif impor 25% yang sudah berlaku akan tetap diberlakukan, akan tetapi tarif penalti yang dijadwalkan berlaku pada 15 Desember tidak akan diberlakukan karena kesepakatan sudah terjadi.


Perang Dagang AS-China Adem, Trump: AS Punya Amunisi Fase IISumber: Twitter.com

Pada kesempatan lain, Reuters melaporkan bahwa Beijing setuju menambah pembelian hasil pertanian AS senilai US$ 32 miliar dalam 2 tahun ke depan, berdasarkan keterangan Robert Emmet Lighthizer, wali dagang pemerintahan AS.

Menurut dia, China setuju membeli produk pertanian Negeri Paman Sam senilai US$ 16 miliar per tahun untuk 2 tahun ke depan. Angka itu dihitung dari hitungan dasar US$ 24 miliar barang-barang yang sudah dibeli China pada 2017, sebelum perang dagang mengemuka. Selain itu, penandatanganan kesepakatan diprediksi akan dilakukan pada pekan pertama tahun depan oleh negosiator utama.

Menanggapi perkembangan tersebut, pejabat China yaitu Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen dan Komisi Nasional Reformasi dan Pengembangan Ning Jizhe balas menyatakan akan mengimpor lebih banyak gandum, jagung, dan beras dari AS setelah kesepakatan. Namun, detailnya belum dijelaskan dan akan diumumkan segera mengingat dokumen perjanjian masih dalam kajian kedua pihak.

Selama ini, Negeri Tirai Bambu bukanlah pembeli utama ketiga produk pertanian AS tersebut. China masih menjadi pembeli terbesar kelima untuk jagung AS pada medio 2011-2014, tetapi sejak itu sudah tidak lagi.

Akan tetapi angka tersebut sebenarnya di bawah keinginan Trump yang menginginkan China melakukan pembelian sebanyak US$ 50 miliar produk pertanian dari AS.

Kepada wartawan, Trump menyatakan masih memiliki tarif impor yang cukup besar dan dapat dimanfaatkan untuk fase kedua perundingan. "Kita akan menggunakannya [tarif impor] untuk negosiasi selanjutnya di fase kedua."

Melihat perkembangan tersebut sepertinya perang dagang belum sepenuhnya akan berakhir karena trump masih belum puas, memang ini merupakan fase awal dan tidak menutup kemungkinan akan ada kejutan-kejutan yang membuat pasar naik dan turun.

Tidak hanya di ranah eksekutif, komentar ketidakpuasan juga datang dari legislatif AS. Senator Chris Murphy, seorang Demokrat dari Connecticut,  mengatakan Cina telah membuat "nol komitmen untuk reformasi struktural."

TIM RISET CNBC INDONESIA

(yam/yam)

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 15, 2019 at 10:23PM
https://ift.tt/35qJkbo

Perang Dagang AS-China Adem, Trump: AS Punya Amunisi Fase II - CNBC Indonesia
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perang Dagang AS-China Adem, Trump: AS Punya Amunisi Fase II - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.