Search

Siapa Muslim Uighur yang Dibela Mesut Ozil? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Dugaan persekusi dan diskriminasi etnis minoritas Muslim Uighur di Xinjiang oleh pemerintah China ramai dibicarakan beberapa waktu terakhir. Bahkan sejumlah figur publik bersuara, tak terkecuali pesepak bola Jerman Mesut Ozil.

Ia pun mengkritik pemerintah China dan memberi pembelaan pada kelompok minoritas ini. Akibat hal itu, pemain Arsenal tersebut mendapat kritikan keras dari China.


China pun menilai Ozil terpapar berita hoaks. Ia pun diundang datang ke Xinjiang untuk melihat bagaimana pemandangan asli keseharian warga Uighur.

Lalu siapa sebenarnya Muslim Uighur?

Mengutip detiknews kata "Uighur" secara harfiah berarti "bersatu" atau "sekutu" .

Kaum minoritas Uighur ini tersebar di Daerah Otonomi Xinjiang, Uighur, sementara sebagian kecil tinggal di Provinsi Hunan dan Henan. Populasi Uighur sekitar 7,2 juta, sebagaimana dijelaskan dalam buku berjudul 'ISLAM IN CHINA: Mengenal Islam di Negeri Leluhur' karya Mi Shoujiang.

Pada pertengahan abad ke-10, Islam diperkenalkan ke Xianjiang oleh Satuk Boghra (910-956 M), seorang khan dari Dinasti Karakitai yang memeluk Islam.

Kashgar, Yirqiang dan Kuche masing-masing menjadi salah satu wilayah Islam secara berurutan. Setelah abad ke-14 Islam menyebar ke utara Xianjang.

Kaum muslim Uighur ini dikenal sebagai kaum yang ramah dan mahir menyanyi serta menari.

Mereka juga terkenal berbakat dalam seni dan memiliki karya rakyat rakyat yang indah, termasuk puisi epik "Fu Le Zhi Hui" (kebijaksanaan dan kebahagiaan) dan musik serta tarian divertimento "Er Shi Mu Ka Mu" (dua belas mukam).

Kaum ini juga diketahui sangat ahli dalam bidang pertanian, seperti berkebun dan menanam kapas. Mereka juga mahir menenun karpet, topi Uighur dan membuat pisau.

Siapa Muslim Uighur yang Dibela Mesut Ozil?Foto: etnis Uighur di China (Gerry Shih/AP News)

Namun di China kelompok ini dikabarkan tidak hidup dengan bebas. Mereka berada di bawah tekanan pemerintah.

Hal ini diketahui dari laporan penahanan yang didapatkan oleh PBB pada Agustus 2018 lalu. Dalam laporan disebutkan bahwa terdapat sekitar satu juta warga Uighur dan kelompok muslim lainnya ditahan di Xinjiang.

Dalam kamp itu, mereka dikabarkan menjalani program pendidikan ulang atau Kamp Indoktrinasi Politik yang diduga di dalamnya terdapat upaya pelunturan keyakinan yang dianut warga Uighur.

Mereka juga dibatasi dalam hal pergerakan, dilarang keluar China dan ke wilayah lainnya di dalam China.

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



Dunia - Terkini - Google Berita
December 18, 2019 at 07:19AM
https://ift.tt/2S5ELj0

Siapa Muslim Uighur yang Dibela Mesut Ozil? - CNBC Indonesia
Dunia - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2M0nSS7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siapa Muslim Uighur yang Dibela Mesut Ozil? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.